marketplace luar negeri

11+ Rekomendasi Marketplace Luar Negeri Terbaik Untuk Berjualan!

Seiring berkembangnya e-commerce, jumlah pasar di seluruh dunia juga meningkat. Penting untuk memanfaatkan opsi pasar ini. Ini akan membantu Anda meningkatkan penjualan dan memanfaatkan peluang yang sensasional.

Amazon dan eBay adalah dua situs e-commerce yang sudah terkenal. Tapi bukan itu saja! Begitu Anda mulai meneliti pasar, Anda akan melihat bahwa beberapa pasar lebih populer dibandingkan yang lain di wilayah tertentu. Selain itu, situs web tertentu lebih cocok untuk beberapa jenis produk dibandingkan yang lain.

Jika Anda pernah mencoba sesuatu seperti Facebook Marketplace sebelumnya, Anda pasti akan menemukan situs-situs ini bermanfaat. Sekarang mari kita jelajahi pasar ini lebih jauh. Khususnya bagi masyarakat luar negeri yang ingin memperluas area bisnisnya!

Mengenal Marketplace Luar Negeri Online

Marketplace adalah situs web e-niaga tempat beberapa penjual pihak ketiga menawarkan produk. Di pasar, transaksi ditangani oleh pasar itu sendiri, bukan oleh penjual. Jadi, Anda tinggal mendaftar dan menawarkan produk yang ingin Anda jual dan mengunggahnya ke website marketplace Anda.

Manfaat Menggunakan Toko Online Luar Negeri

Target Audiens yang Besar

Marketplace seperti Amazon sudah memiliki basis pengguna yang besar dan stabil, menjadikannya target pemasaran yang efektif. Selain itu, pasar online sangat berguna bagi usaha kecil karena membantu meningkatkan basis pelanggan Anda dan menarik prospek baru. Salah satu keuntungan terbesar adalah basis pelanggan kami yang ada. Ratusan juta pembeli mempercayai pasar online, yang merupakan tempat pertama mereka melihat ketika ingin membeli sesuatu.

Kepercayaan Pelanggan

Berjualan di pasar online lebih mudah dan cepat dibandingkan membangun website e-commerce sendiri karena antarmukanya dirancang khusus untuk Anda. Hal ini sering kali menghasilkan pengalaman yang lebih baik bagi pembeli yang sudah mengenal situs tersebut. Setelah Anda disetujui sebagai penjual pihak ketiga di pasar online, yang harus Anda lakukan hanyalah mencantumkan produk Anda dan mulai menjual.

Meningkatkan Brand Awareness

Sebagai pemilik bisnis, mengetikkan deskripsi produk dengan benar dapat membantu produk etalase Anda muncul di hasil pencarian di ribuan pasar internasional. Ketika produk Anda muncul di hasil pencarian, tanpa disadari hal tersebut meningkatkan brand awareness produk Anda di benak konsumen.

11+ Rekomendasi Marketplace Luar Negeri

Amazon

Amazon Marketplace adalah salah satu saluran pemasaran paling terkenal untuk pengecer online, dan karenanya salah satu yang paling kompetitif. Untuk menjual di Amazon, Anda perlu memilih paket, membuat akun penjual, dan mengunggah produk Anda ke Amazon. Berikut panduan lengkap berjualan di Amazon. Harga jual di Amazon bervariasi tergantung paket yang Anda pilih.

Baca Juga :   10+ Ide Usaha Jasa Paling Menjanjikan Tahun 2024

Walmart

Walmart.com menerima 127 juta pengunjung unik setiap bulannya, dan menurut riset konsumen yang dilakukan oleh Tinuiti, terdapat tumpang tindih yang signifikan antara pembeli Amazon.com dan Walmart.com. Lebih dari 57% pembeli juga berbelanja di Walmart.com. Kehadiran di kedua pasar meningkatkan peluang Anda untuk menarik pembeli ini.

Untuk menjual di Walmart.com, Anda harus mengisi aplikasi pasar. Ini akan memakan waktu sekitar 15 menit untuk menyelesaikannya. 

Jika permohonan Anda disetujui, langkah selanjutnya adalah membuat akun, melengkapi profil Anda, memverifikasi rekening bank Anda, mengunggah produk Anda dan membuka akun Anda. Setelah tim Walmart Marketplace menyetujui akun Anda, produk Anda akan tersedia dalam waktu 24 jam. Walmart Marketplace tidak membebankan biaya penjual untuk mengelola akun penjual Anda. Cukup kenakan biaya referensi berdasarkan kategori produk.

eBay

Dengan 182 juta pembeli di seluruh dunia, eBay adalah salah satu pengecer online terbesar di dunia, menawarkan hampir semua kategori produk yang bisa dibayangkan. eBay menawarkan panduan “Mulai Cepat” yang membantu Anda mulai menjual dalam empat langkah mudah. Penjual dapat membuat halaman eBay Saya untuk menjawab pertanyaan dan menampilkan informasi penjualan. eBay juga menawarkan saran bisnis (gratis), panduan efisiensi bisnis, dan Sumber Daya Pengembangan Penjual, yang merupakan program eBay yang dirancang untuk membantu penjual berhasil menjual produk mereka. 

eBay membebankan dua jenis biaya penjualan. Salah satunya adalah biaya pencatatan saat Anda membuat listingan, dan yang lainnya adalah biaya harga akhir saat barang tersebut dijual.

Newegg

Newegg adalah situs web e-niaga populer berbasis di AS yang berfokus pada produk teknologi. Newegg berspesialisasi dalam barang-barang teknologi dan merupakan salah satu pasar berbasis teknologi terkemuka. Kami juga menawarkan produk dalam kategori lain seperti rumah tangga, elektronik, kesehatan, dan olahraga.

Penjual membayar komisi 8-15%. Biaya pastinya akan bervariasi tergantung pada produk yang dijual. Anda juga dapat memilih dari beberapa paket keanggotaan mulai dari gratis hingga $99,95 per bulan.

Alibaba

Alibaba adalah raksasa e-commerce Tiongkok. Perusahaan yang awalnya hanya memiliki 18 karyawan ini kini mempekerjakan lebih dari 22.000 orang. Kapitalisasi pasar perusahaan internasional ini baru-baru ini melebihi $400 miliar dan saat ini menyumbang 80% dari penjualan online Tiongkok. 

Meskipun Alibaba dapat menjadi pasar yang bagus untuk pemasok, pemasok baru harus ingat bahwa perlu waktu bertahun-tahun dan biaya untuk mempertimbangkannya sebelum muncul di bagian atas hasil pencarian Alibaba. Jadi, pastikan itu bermanfaat bagi bisnis Anda sebelum Anda memulai. Jika Anda ingin menjual produk di Alibaba, Anda perlu mendaftar akun, membuat profil perusahaan, dan mencantumkan produk Anda. J

adi berapa biaya untuk menjual di Alibaba? Harga bervariasi tergantung pada jenis produk yang Anda jual dan portal Alibaba tempat Anda berjualan (ada banyak portal, beberapa di antaranya gratis). Dalam beberapa kasus, biaya berlangganan atau biaya transaksi mungkin juga berlaku. Meskipun penjual dapat bergabung secara gratis, keanggotaan dasar Alibaba sangat membatasi jumlah produk unggulan dan akses ke alat promosi, sehingga tidak berguna bagi sebagian besar bisnis yang ingin berkembang. Bagi pengecer kecil, menjual di Alibaba bisa memakan biaya yang mahal. Biaya pedagang merupakan tambahan dari biaya 1% yang terkait dengan Alipay, pemroses pembayaran mirip PayPal milik perusahaan.

Baca Juga :   Shopify adalah: Definisi, Manfaat, dan Cara Penggunaannya

Etsy

Etsy adalah pasar online terbaik untuk menjual barang-barang antik dan buatan tangan. Situs web ini populer di kalangan usaha kecil dan pengrajin yang baru memulai. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mencoba berjualan online untuk pertama kalinya.

Anda tidak perlu khawatir tentang lalu lintas situs web. Etsy banyak digunakan oleh pembeli online dan akan menarik calon pelanggan. Dengan 33 juta pembeli di seluruh dunia, website ini merupakan website yang menjanjikan bagi retailer untuk menjual produknya. Etsy membebankan biaya pendaftaran sebesar $0,20 per item. Situs ini juga mengenakan biaya transaksi 5% dan biaya pemrosesan pembayaran 3% + $0,25.

Overstock

Di Overstock, dekorasi rumah, furnitur, tempat tidur, pakaian, dan banyak kategori produk lainnya dijual dengan harga diskon atau baru. Pasar e-commerce terkenal dengan harga yang terjangkau dan pilihan yang luas. Overstock bekerja dengan perusahaan dan pengusaha yang berpartisipasi dalam “jaringan pasokan”, yang memungkinkan Overstock menampilkan produk dari pengecer ini di toko online-nya. Hal ini memungkinkan pemasok untuk meningkatkan kehadiran online mereka dan membawa produk mereka ke pasar. Untuk mendaftar menjual di Overstock, Anda dapat mengirimkan formulir permintaan online. Jika Anda merupakan retailer Overstock yang disetujui, unggah SKU, konten, gambar, dan tetapkan harga retail Anda sendiri.

Ada informasi terbatas yang tersedia online tentang biaya penjualan di Overstock. Biaya pencatatan berkisar dari $0,10 hingga $3+, dengan biaya tambahan berlaku untuk peningkatan pencatatan.

Rakuten

Rakuten adalah pasar terbesar keempat di dunia. Pasar virtual ini sangat cocok jika Anda ingin mulai berjualan di Jepang. Selain itu, ini adalah situs web utama dan sering digunakan oleh pembeli Jepang. Rakuten memiliki 105 juta pengguna aktif, yang berarti penjual memiliki basis pelanggan yang besar. Rakuten tidak hanya merupakan platform e-commerce terkemuka di Jepang, tetapi juga memiliki beragam produk di seluruh dunia. Rakuten menyediakan area unik bagi setiap vendor untuk menjual produknya. Manfaat dari pengaturan ini adalah Anda memiliki toko online milik Anda sendiri. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun nama merek Anda. Penjual membayar $39 per bulan untuk menjual di Rakuten. Anda juga akan membayar komisi untuk setiap barang yang terjual (harga berdasarkan kategori) dan biaya penanganan sebesar 99.<> untuk setiap barang yang terjual.

TaoBao

TaoBao adalah pasar Tiongkok yang dimiliki oleh Alibaba Group. Didirikan pada tahun 2003, ini memungkinkan bisnis untuk memasarkan ke lebih dari 876 juta pengguna aktif bulanan. Platform ini menyediakan cara mudah bagi usaha kecil dan pedagang tunggal untuk memfasilitasi ritel konsumen-ke-konsumen dengan mengizinkan mereka membuka toko untuk pelanggan di Tiongkok yang sebagian besar berbahasa Mandarin atau Kanton. Jika Anda ingin berbisnis di Taobao, ada kendalanya. Menyiapkan toko Anda mudah, tetapi setelah Anda mendaftarkan akun penjual, Anda harus mendaftarkan bisnis Anda untuk menjalankan bisnis di situs Anda.

Baca Juga :   Peran Google Ads untuk Meningkatkan Penjualan Online

Wayfair

Jika Anda menjual dekorasi rumah, furnitur, kasur, atau perlengkapan rumah lainnya, Wayfair bisa menjadi tempat yang tepat untuk menjual produk Anda. Situs yang diluncurkan sekitar 17 tahun lalu ini memiliki lebih dari 11 juta pengguna aktif dan rata-rata pembayaran yang sangat tinggi. Cara menjual di Wayfair: Wayfair beroperasi dengan model dropship dan menyebut penjual pihak ketiga sebagai “mitra”. Saat pembeli melakukan pemesanan dengan Wayfair, Wayfair mentransfer pesanan tersebut ke gudang. Pesanan kemudian diambil, dikemas, dan dikirim ke pelanggan, dengan Wayfair membayar biaya pengiriman. Wayfair tidak membebankan komisi atau mengambil bagian dari penjualan afiliasi. Sebaliknya, Wayfair membayar mitranya sejumlah harga grosir barang tersebut dan kemudian membebankan harga eceran yang lebih tinggi.

Wish

Dengan lebih dari 300 juta pelanggan, mudah untuk melihat mengapa Wish menjadi perhatian utama banyak pembeli online. Biaya penjualan masuk akal dan penjual Wish hanya perlu membayar saat penjualan terjadi. Tidak ada biaya publikasi. Ini berarti Anda tidak perlu khawatir tentang biaya tersembunyi atau biaya pencatatan yang selangit.

Wish mengoperasikan platform bagi hasil. Singkatnya, Anda biasanya menerima sekitar 85% dari total harga jual. Jika Anda ingin Wish menangani pengiriman dan penyimpanan untuk Anda, layanan pemenuhan Wish cocok untuk Anda. Ini ideal bagi vendor yang ingin menangani penyimpanan dan pengiriman secara terpisah saat berjualan online.

Target Plus

Target Plus adalah pasar favorit Amerika tempat pembeli mencari pakaian, aksesoris, dekorasi rumah, mainan, elektronik, bahan makanan, dan banyak lagi. Target telah meluncurkan Target Plus untuk lebih memperluas penawaran online-nya. Situs baru ini menawarkan kesempatan kepada pembeli untuk berbelanja dengan mitra tepercaya sambil menikmati manfaat Target.

Target Plus mungkin masih dalam tahap awal, namun tidak ada alasan untuk meragukan potensi penjualannya. Izinkan saya menjelaskan mengapa Anda tidak perlu khawatir tentang potensi penjualan Anda. Nama Target cukup terkenal untuk menarik banyak pembeli setia. Jika Target memilih Anda sebagai penyedia Target Plus, Anda akan dapat menjual produk Anda di situs web yang diakui secara global ini. Cukup keren, bukan? 

Pembeli Target Plus berbondong-bondong mengunjungi situs ini karena situs ini memperluas pilihan produknya. Plus, dapatkan keuntungan dari pengiriman gratis dan diskon 5% untuk pemegang RedCard. Sebagai penjual, Anda mendapatkan keuntungan ketika orang-orang ini berbelanja di Target Plus. Mereka akan menghubungi Anda sebagai pihak ketiga dan membeli produk Anda. 

Ingin Buat Website Marketplace Lebih Mudah Anti Ribet? 

Seberapa tertarikkah Anda untuk berjualan di pasar luar negeri di atas, atau Anda tertarik untuk membuat toko online sendiri? Jika iya, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website profesional Nevaweb. Yuk konsultasikan kebutuhan website impianmu sekarang juga!