niche artinya

Apa Itu Niche, Cara Menentukan, Contoh & Tipsnya

Niche market adalah segmen konsumen yang sangat spesifik yang berbagi karakteristik dan kualitas tertentu satu sama lain. Berbeda dengan mass market, yang mencakup semua konsumen yang mungkin, niche market terdiri dari konsumen yang jauh lebih sempit yang jumlahnya lebih kecil daripada mass market tetapi yang mungkin jauh lebih mungkin untuk membeli produk atau layanan tertentu.

Dalam artikel ini, anda akan mengetahui lebih banyak tentang apa itu niche market, contoh, dan menemukan tips untuk membantu anda menentukan dan mencapai target niche market anda sendiri.

Apa itu Niche Market?

Sebelum mengenal niche market, apakah anda sudah mengetahui apa itu niche? Niche mengacu pada tempat, posisi, atau peran tertentu yang sangat cocok untuk seseorang atau sesuatu. Niche market sendiri berarti segmen pasar yang diidentifikasi oleh serangkaian kebutuhan atau preferensi unik. Kebutuhan ini dapat mengikuti dari anggaran pembeli, lokasi, minat, sikap terhadap produk, atau faktor lainnya.  

Pelanggan di niche market yang sempit ini biasanya memiliki lebih banyak loyalitas untuk usaha kecil karena mereka memiliki kebutuhan unik yang tidak sering dilayani oleh market lainnya. Itu bisa membuat mereka menjadi target audiens yang lebih reseptif untuk produk niche pilihan anda.

Hampir setiap market yang lebih besar yang dapat anda jual memiliki beberapa produk niche yang menarik bagi segmen yang sempit, tetapi antusias, dan membutuhkan lebih sedikit upaya pemasaran di pihak anda.

Baca Juga :   Apa itu User Experience (UX), Pengertian Lengkap dan Manfaatnya

Manfaat Niche Market

Penggunaan sumber daya pemasaran yang efektif

Dengan berfokus pada audiens kecil, Anda dapat menggunakan sumber daya Anda untuk menemukan pelanggan yang selaras dengan produk Anda. Orang-orang ini paling membutuhkan produk Anda dan kemungkinan besar akan berkonversi.

Lebih sedikit persaingan

Beroperasi di niche market berarti anda akan berurusan dengan lebih sedikit atau bahkan tidak ada persaingan. Banyak perusahaan atau individu suka melayani banyak pelanggan. Dengan mempersempit, anda akan menawarkan produk tertentu yang akan menghilangkan banyak perusahaan dari radar pelanggan.

Peningkatan loyalitas merek

Niche market memungkinkan individu dan bisnis untuk meningkatkan loyalitas merek. Terlibat dengan lebih sedikit orang berarti anda akan merasa lebih mudah untuk memelihara prospek dan membangun hubungan yang berkualitas. Audiens anda akan tahu bahwa anda memahami apa yang mereka butuhkan dan akan melihat anda sebagai mitra sejati, bukan vendor yang hanya tertarik pada uang mereka. 

Cara Menentukan Niche Market

Sekarang setelah anda tahu apa itu niche market, saatnya untuk melakukan brainstorming beberapa ide untuk menentukan niche market anda. Menentukan niche market yang tepat bisa jadi rumit. Ada cara yang tepat untuk memilih basis pelanggan setia dan produk niche anda:

Mulailah dengan minat anda

Memiliki minat pada niche market adalah keuntungan alami karena antusiasme adalah alat yang ampuh ketika menjual sesuatu. Ini memotivasi anda untuk belajar lebih banyak dan memberi wawasan pribadi tentang apa yang diinginkan pelanggan. 

Anda dapat mulai dengan menjawab pertanyaan seperti masalah apa yang bisa dipecahkan untuk niche ini? Siapa pembaca ideal dari niche ini? Dan apa yang saya pahami tentang niche ini namun tidak dimiliki oleh kompetitor?

Baca Juga :   Apa itu Slug? Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Teliti Niche

Meneliti niche market berarti menemukan audiens spesifik yang tepat untuk produk atau layanan anda. Mulailah dengan melihat tren google saat ini di pasar dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan potensial.

Teliti Pelanggan

Manfaatkan forum seperti Facebook, TikTok, Instagram, dan platform online lainnya untuk mempelajari tentang pelanggan anda. Perhatikan fitur-fitur yang paling mereka senangi. Periksa manfaat apa yang ditawarkan fitur teratas niche market. 

Cobalah untuk menemukan dan berbicara dengan contoh pelanggan ideal Anda. Lakukan percakapan panjang, dan ajukan pertanyaan yang tersisa kepada mereka tentang apa yang memotivasi mereka untuk membeli.

Uji dan Sesuaikan

Pengujian adalah suatu keharusan. Anda tidak akan tahu apakah anda sudah benar memahami dan melakukan niche marketing dengan benar jika anda tidak pernah melakukan pengujian. Jika hasil uji ternyata tidak sesuai dengan target, anda dapat menyesuaikan beberapa hal seperti mempersempit target niche market dan mempertimbangkan untuk mendedikasikan situs anda untuk topik itu saja. 

Contoh Niche Market

Novelis

Pikirkan calon novelis sebagai segmen penulis yang lebih kecil pada umumnya. Akibatnya, sementara calon novelis mungkin berbagi beberapa karakteristik dengan jenis penulis lain, seperti jurnalis, copywriter, atau penulis drama, mereka juga cenderung memiliki tujuan, minat, dan tantangan mereka sendiri yang membedakan mereka dari penulis lain.

Misalnya, calon novelis mungkin secara khusus tertarik pada kursus tentang cara membuat plot pembalikan halaman dan karakter yang tak terlupakan atau bahkan aplikasi untuk membantu mereka menavigasi dokumen sepanjang buku. Bergantung pada informasi demografis dan psikografis yang Anda temukan, perpesanan dapat menarik “mimpi untuk bercerita” atau keinginan untuk “menghidupkan ide.”

Pelari Jarak Jauh

Pikirkan pelari jarak jauh sebagai segmen atlet yang lebih kecil pada umumnya. Pelari jarak jauh mungkin berbagi beberapa karakteristik dengan atlet lain, seperti binaragawan atau penari, tetapi mereka juga cenderung memiliki kekhawatiran dan minat unik mereka sendiri yang membedakan mereka.

Baca Juga :   Apa itu Creative Agency? Definisi, Jenis, & Manfaatnya (Lengkap)

Dalam meneliti karakteristik unik pelari jarak jauh, Anda mungkin menemukan bahwa kelompok khusus ini menekankan pada membangun daya tahan, menyempurnakan langkah mereka, dan tetap terhidrasi selama lari panjang. Ceruk pasar ini mungkin tertarik pada acara pelatihan kelompok, botol air genggam, atau bahkan berlangganan konten inspirasional. Pesan dapat menarik dorongan ceruk pasar ini untuk “melewati garis finish” atau “memecahkan rekor pribadi.”

Dokter Telemedicine

Pikirkan dokter telemedicine sebagai segmen pekerja perawatan kesehatan yang lebih kecil. Sementara dokter telemedicine dapat berbagi karakteristik dengan petugas perawatan kesehatan pada umumnya, dalam hal komitmen mereka terhadap perawatan pasien, mereka juga cenderung berbagi karakteristik dengan pekerja jarak jauh mengenai kenyamanan mereka dengan teknologi dan kebutuhan akan jadwal yang fleksibel.

Dalam meneliti karakteristik unik dokter telemedicine, Anda mungkin menemukan bahwa ceruk pasar ini tertarik pada furnitur atau dekorasi untuk membuat kantor rumah mereka kondusif untuk telemedicine.

Mengapa Niche Market itu Penting?

Niche market dapat membantu anda dalam memutuskan dan fokus pada satu area yang anda kuasai untuk menjadikan anda bersinar diantara kompetitor. Anda mungkin berada pada kondisi dimana anda bisa memberikan produk dengan target audiens yang besar, namun dengan menspesialisasikan pada satu area dapat membantu anda untuk menjalankan bisnis dengan lebih terarah.

Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet?

Jika anda warga Batam yang menginginkan untuk memiliki website bisnis tanpa ribet, anda dapat menggunakan jasa pembuatan website profesional dari Nevaweb! Yuk, kunjungi website Nevaweb dan konsultasikan website impianmu mulai dari landing page hingga content yang anda inginkan sekarang juga!