google bisnisku

Google Bisnisku: Ketahui Cara Penggunaan dan Manfaatnya!

Sebagian besar dari kita akan mencari alamat, nomor telepon, atau detail kontak untuk restoran, hotel, atau layanan di Google sebelumnya. Namun, tidak semua bisnis secara otomatis muncul di hasil mesin pencari. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara mendapatkan visibilitas yang lebih besar dengan profil di Google Bisnisku dan cara kerja platform secara mendetail.

Pemilik bisnis tidak lagi hanya mengandalkan pelanggan yang datang langsung dan dari mulut ke mulut – visibilitas online merupakan faktor penting untuk sukses. Dan disinilah Google Bisnisku dapat membantu. Alat ini bertindak sebagai antarmuka antara mesin pencari Google dan bisnis. Dengan entri di platform, Anda memastikan bahwa Anda dan produk Anda ditemukan dalam kaitannya dengan permintaan pencarian tertentu. Yuk kenali apa itu Google Bisnisku mulai dari pengertian hingga manfaat dan cara penggunaannya!

Apa itu Google Bisnisku

Google bisnisku adalah alat pemasaran gratis yang disediakan oleh Google. Ini memungkinkan pemilik bisnis untuk mengelola bagaimana mereka muncul di alat online seperti Google Penelusuran dan Google Maps.

Saat Anda menyiapkan Google Bisnisku, foto dan detail bisnis lainnya, termasuk lokasi, layanan, dan produk yang digunakan di seluruh Google, sehingga meningkatkan visibilitas Anda ke prospek dalam penelusuran online. Menggunakan alat ini memungkinkan Anda terhubung dengan pelanggan, memposting pembaruan bisnis, mencantumkan produk atau layanan, dan banyak lagi.

Baca Juga :   7 Contoh Storyboard Iklan Produk Kekinian + Cara Membuatnya

Dalam banyak kasus, penelusuran seluler untuk bisnis lokal dapat menghasilkan kunjungan dalam waktu 24 jam. Kunjungan bahkan lebih mungkin terjadi jika bisnis memiliki pin merah di Google Maps. Itulah salah satu alasan mengapa Google Bisnisku harus dilihat sebagai alat pemasaran online yang penting dan praktis, tersedia secara bebas untuk setiap bisnis lokal.

 

Bagaimana cara kerja Google Bisnisku?

Untuk memastikan bahwa pengguna Google mendapatkan hasil yang akurat saat menelusuri bisnis dan toko lokal secara online, Google Bisnisku menggabungkan semua informasi tentang penyedia layanan lokal yang tersedia di web. Mesin pencari menarik informasi ini dari direktori atau situs web yang ada. Namun, cantuman bisnis yang dibuat oleh Google atau pengguna Google lainnya cenderung terlihat umum dan tidak berisi foto profesional.

Dengan profil resmi di Google Bisnisku, Anda mendapatkan banyak fungsi admin gratis, yang memungkinkan Anda mengelola cantuman Google Maps Anda. Ini berarti Anda dapat mengunggah gambar dan mengedit detail kontak atau jam buka. Anda juga dapat menambahkan atribut menarik ke profil Anda seperti dukungan online, janji temu online, atau kursus online. 

Apa Manfaatnya untuk Bisnis?

Mudah ditemukan di Penelusuran Google dan Maps 

Saat menyusun hasil penelusuran untuk kueri penelusuran berbasis lokasi seseorang (misalnya, “toko sepeda Surabaya barat”), Google menggunakan informasi google bisnisku — lokasi, nomor telepon, deskripsi, dll. — untuk memutuskan bisnis mana yang paling sesuai dengan maksud penelusur. Kecocokan terbaik muncul di posisi teratas pada halaman hasil pencarian.

Mengelola informasi bisnis online Anda

Anda dapat memperbarui informasi Google Bisnisku kapan saja. Itu berarti Anda selalu mengendalikan bagaimana jam kerja, nomor telepon, dan atribut lainnya muncul secara online – yang membantu calon pelanggan menghubungi Anda melalui informasi kontak terbaru.

Baca Juga :   Cara Download Video TikTok dengan SnapTik (Tanpa Watermark)

Selain berfungsi sebagai tempat utama informasi untuk mesin telusur dan Google Maps, Anda juga dapat menggunakan Google Bisnisku sebagai semacam papan buletin. Anda dapat membuat postingan untuk membagikan informasi bisnis utama, seperti penutupan tak terduga atau perubahan jam kerja sementara, atau memberikan beberapa detail tentang layanan Anda. Postingan adalah bagian dari profil Anda, dapat dilihat oleh siapa saja yang mencari Anda di Penelusuran atau di Maps.

Membangun kepercayaan dengan Google Review

Review adalah elemen kunci dari bukti sosial dan cara yang berarti untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas online. Bahkan jika pencari tidak mengklik untuk membaca konten ulasan Anda, peringkat bintang 1-5 yang terlihat jelas di bawah setiap hasil bisnis mempengaruhi kemungkinan mereka untuk memeriksa Anda.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Langkah 1: Login ke Google Bisnisku 

Anda memerlukan akun Google untuk menggunakan Google Bisnisku, jadi lanjutkan dan buat akun jika Anda belum melakukannya. Nevaweb sarankan untuk tidak menggunakan akun Google pribadi Anda untuk menyiapkan ini, karena Anda mungkin ingin memberi orang lain akses ke Profil Bisnis Google Anda nanti dan itu lebih baik dilakukan dari akun kerja khusus 

Langkah 2: Tambahkan informasi bisnis Anda

Setelah login, Google Bisnisku akan menanyakan nama bisnis Anda. Masukkan satu dan klik Lanjutkan.

Langkah 3: Pilih jenis bisnis Anda

Anda dapat mendaftar ke Google Bisnisku selama Anda masih menjual langsung kepada pelanggan secara online, memiliki lokasi fisik, atau memberikan layanan secara langsung kepada pelanggan. Anda dapat memilih semua opsi yang berlaku untuk Anda.

Langkah 4: Masukkan penargetan lokasi dan/atau lokasi Anda

Jika Anda adalah bisnis online saja, Google meminta situs web Anda. Untuk bisnis online dan offline, Anda harus memasukkan negara tempat Anda terdaftar. Ini mungkin atau mungkin juga bukan negara tempat lokasi Anda. 

Baca Juga :   Marketing Mix: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Penerapannya

Jika Anda memiliki lokasi fisik, Anda akan memasukkannya sebagai gantinya (dengan kemampuan untuk menambahkan URL situs web Anda dan informasi lebih lanjut nanti). Anda mungkin juga diminta untuk memposisikan penanda untuk lokasi pada peta untuk akurasi. Jika bisnis Anda tidak memiliki lokasi yang dapat dikunjungi pelanggan tetapi menawarkan layanan atau pengiriman langsung, Anda dapat mencantumkan area layanan Anda. Kemudian klik Berikutnya.

Jika Anda tidak memasukkan alamat fisik, Google akan meminta Anda untuk menentukan wilayah tempat Anda berada. Pilih dari menu dropdown dan klik “Next”.

Langkah 5: Tambahkan informasi kontak

Anda dapat menambahkan situs web, nomor telepon, atau keduanya. Ini dapat dilihat secara publik di profil Anda. 

Langkah 6: Verifikasi bisnis Anda

Bahkan jika Anda tidak memiliki lokasi bisnis fisik, Anda harus memasukkan email untuk diverifikasi. Setelah itu, Anda dapat memilih untuk menerima kode verifikasi melalui email atau opsi menarik untuk merekam video pendek yang menunjukkan Anda bekerja di bisnis Anda dan pada dasarnya membuktikan bahwa Anda memiliki bisnis. 

Langkah 7: Optimalkan profil Anda

Sekarang, tambahkan semua detail tambahan yang akan memaksimalkan profil Anda. Semua ini opsional, tetapi jika berlaku untuk Anda, pastikan untuk mengisinya. Anda dapat menambahkan Jam kerja, Chat, tempat pengguna dapat mengirimi Anda pesan langsung dari penelusuran Google, Deskripsi bisnis Anda, Foto.

Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet?

Terlepas dari itu,  Jika anda ingin memiliki website profesional tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!