user experience adalah

Apa itu User Experience (UX), Pengertian Lengkap dan Manfaatnya

Bayangkan menavigasi situs web dengan mudah, menemukan apa yang Anda butuhkan dengan mulus, dan merasakan kepuasan setelah interaksi Anda. Pertemuan yang menyenangkan itulah yang kami sebut sebagai user experience (UX). Ini bukan hanya tentang tombol yang Anda klik atau halaman yang Anda kunjungi; Ini adalah perjalanan holistik yang merangkum persepsi, emosi, dan respons Anda saat terlibat dengan produk, sistem, atau layanan.

Pengertian User Experience?

User Experience (UX) adalah semua interaksi yang dimiliki pengguna dengan produk atau layanan. Ini adalah pengalaman pribadi dan internal yang dialami pelanggan saat menggunakan antarmuka suatu produk. 

User experience adalah tentang menciptakan perjalanan yang mulus, mengubah teknologi menjadi pendamping intuitif dan memastikan setiap klik, scroll, atau ketukan meninggalkan kesan positif yang melekat. Kualitas interaksi antara pelanggan dan website ini secara signifikan mempengaruhi kepuasan, loyalitas, dan persepsi pelanggan secara keseluruhan.

Mati kita ambil contoh website e-commerce, jika pelanggan merasakan pengalaman membeli yang kompleks dan rumit, maka dapat dikatakan jika user experience (UX) nya buruk. Jika sebaliknya yakni pengalaman pembeliannya mudah dan tidak memerlukan step yang panjang, maka UX akan dianggap bagus. Ini mungkin akan mendorong pelanggan untuk memilih dan membeli produk di website tempat dia merasakan user experience yang baik.

semakin baik pengalaman yang Anda tawarkan, semakin besar kemungkinan pelanggan akan memilih Anda daripada pesaing Anda, UX dapat menjadi pembeda anda dengan pesaing yang ada.

Bagaimana Design User Experience yang Baik ?

Desain web memainkan peran penting dalam user experience. Saat ini banyak perusahaan berinteraksi dengan klien melalui website atau aplikasi mereka. Terkadang, pengguna menyelesaikan seluruh proses di website tanpa harus pergi ke toko secara langsung. Semua ini menunjukkan desain web adalah bagian penting dari user experience.

Baca Juga :   Resi Pengiriman: Pengertian, Fungsi, dan Cara Melacak Pesanan

Desain UX adalah tentang menciptakan antarmuka yang sangat ramah pengguna yang dapat meningkatkan kepuasan dan kegunaan pengguna. Ada beberapa aspek yang harus anda perhatikan dalam merancang design website dengan user experience yang baik:

Temukan Kebutuhan Pengguna

Sebelum Anda mulai membuat produk atau layanan baru, penting untuk memutuskan apakah itu melayani kebutuhan pengguna atau tidak. Prinsip itu adalah inti dari desain UX. Penelitian UX dimulai terlebih dahulu memvalidasi perilaku dan kekhawatiran pelanggan. Setelah langkah itu diambil, siklus hidup pengembangan produk dapat dimulai. Tujuan penemuan adalah untuk mencegah pemborosan waktu dan usaha pada suatu produk. Anda ingin memastikan bahwa produk tersebut adalah sesuatu yang diinginkan konsumen dan ditargetkan pada tipe orang yang tepat. Beberapa cara untuk menemukan ini termasuk:

Navigasi yang Mudah

Riset pengguna akan membantu Anda menentukan kategori mana yang paling populer, sehingga Anda dapat membuat struktur logis kategori dan subkategori untuk membantu pembeli menemukan apa yang mereka butuhkan dengan lebih cepat. Penting juga untuk menempatkan informasi penting (harga produk, deskripsi, opsi warna / ukuran, gambar, dan galeri video) di header pada halaman produk dan menggunakan sisa halaman untuk memberikan informasi tambahan, seperti ulasan produk, opsi pengiriman, dll.

Dukungan Pelanggan

Memastikan agen dukungan pelanggan selalu tersedia untuk menjawab pertanyaan pelanggan dan memberikan dukungan yang dipersonalisasi akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan membantu Anda mengurangi bounce rate. Chatbots yang memanfaatkan teknologi prediktif juga bisa sangat berguna dan memungkinkan Anda untuk mengantisipasi kebutuhan pembeli dan memberikan panduan tepat waktu selama saat-saat kritis.

Kegunaan dan Manfaat dari Merencanakan Design User Experience

User experience adalah keseluruhan pengalaman yang dimiliki pengguna dengan suatu produk, sehingga membuat dampak besar pada kinerja produk. Ini berfokus pada pemahaman pengguna, kebutuhan, nilai, kemampuan, dan keterbatasan mereka untuk meningkatkan kualitas interaksi yang dimiliki pengguna dengan suatu produk. Ada beberapa manfaat yang sering dianggap berasal dari merencanakan design user experience:

Baca Juga :   21+ Contoh Website Toko Online Terbaik dan Menarik

Peningkatan Konversi

User experience yang baik bertumpu pada pemahaman tentang pengguna yang baik. Hal ini akan membantu mengungkap persona pengguna yang digunakan untuk memetakan perjalanan pengguna dan menyusun informasi dengan cara yang masuk akal bagi target pengguna. Dengan pemahaman ini, maka anda dapat menargetkan audiens yang tepat dan menyesuaikan user experience dengan segmen pelanggan potensial tertentu. Mengetahui harapan pengguna dan memenuhinya dengan user experience yang baik, akan secara otomatis akan berdampak pada peningkatan rasio konversi

Peningkatan Retensi Pelanggan

Jika pengguna merasa bahwa situs anda benar-benar memahami perilaku penggunanya dan membuat interaksi dan navigasi mereka lancar dan menyenangkan, mereka akan terus kembali ke situs anda. Membantu pengguna anda mencapai sasaran mereka dengan cepat dan dengan cara yang paling menyenangkan secara signifikan mengurangi churn rate dan membangun loyalitas.

Kepuasan Pengguna

UX memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna. Dengan menyediakan antarmuka yang mudah digunakan, intuitif, dan efisien, UX dapat membantu pengguna merasa puas dengan pengalaman yang mereka alami. Tujuan ini mencakup hal-hal seperti kenyamanan, kepuasan emosional, dan pemecahan masalah yang efektif.

Citra Positif

Dengan menyajikan desain yang konsisten, visual yang menarik, dan pengalaman yang kohesif, UX dapat membantu membangun persepsi yang baik tentang merek atau perusahaan. Tujuan UX lainnya adalah untuk memperkuat branding dan menciptakan citra positif bagi produk atau layanan. Ini meningkatkan kepercayaan, kesetiaan, dan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Contoh UX yang Efektif di Website dan Aplikasi

Mari kita bahas satu contoh desain website dengan user experience yang efektif, Nevaweb. Website Nevaweb adalah website yang berfokus pada layanan pembuatan website profesional. Ketika anda mengunjungi website Nevaweb, hal pertama yang akan anda lihat adalah homepage yang bersih dan simple yang langsung mengarahkan pengunjung untuk memesan website mereka. 

Nevaweb

Dengan menggunakan slogan “Jasa Pembuatan Website Profesional Murah Terbaik”, pengunjung dapat dengan cepat melihat produk mana yang disoroti di website ini. Pemilihan desain yang jelas dan informatif sangat sesuai dengan tujuan website ini. Hal ini memudahkan pengunjung memperoleh informasi penting mengenai jasa pembuatan website profesional Nevaweb.

Baca Juga :   5+ Strategi Efektif Bisnis Undangan Digital Melalui Website

Ketika anda menekan tombol “Buat Website Sekarang” anda akan dibawa ke halaman pembuatan website. Anda dapat menemukan proses pembuatan website, harga jasa pembuatan website, berbagai tema dan fitur yang dapat anda pilih dan FAQ tentang jasa pembuatan website di Nevaweb.

Dengan fitur-fitur tersebut, pengunjung tidak akan kebingungan dengan proses yang harus mereka lakukan untuk dapat memesan website profesional mereka di Nevaweb.

Cara Kerja User Experience

Riset

Karena riset adalah bagian penting dari pengembangan industri e-commerce, itu mencakup semua proses yang diperlukan untuk membuat UX, termasuk riset pasar. Informasi tentang kebutuhan produk dan pengguna yang harus dipenuhi oleh pengguna diperlukan saat membangun UX. 

Selain itu, studi atau penelitian ini harus dilakukan terhadap pesaing Anda. Namun, Anda harus lebih berkonsentrasi pada masalah yang dihadapi pesaing Anda dan kemudian menganalisis studi kasus untuk menemukan solusi yang efektif untuk barang dagangan Anda.

Analisa

Setelah data dan informasi hasil penelitian telah dikumpulkan, buatlah rangkuman dan segera lakukan analisis berdasarkan rangkuman tersebut. Untuk memulai, Anda dapat mengevaluasi user persona untuk mengetahui sifat dan perilaku pengguna.

Merancang UX Design

Saat Anda mulai membuat prototipe dan wireframe, itulah tahapan membangun user experience design. Wireframe user experience adalah model kerangka yang berguna untuk mengatur berbagai elemen dalam situs web dan aplikasi. Di sisi lain, prototipe user experience adalah model produk sederhana sebelum melanjutkan ke model yang lebih detail.

Tahap Pengembangan

Saat tim pengembang mulai bekerja sama untuk mengembangkan aplikasi yang sedang mereka rancang, mereka harus mencapai tahap pengembangan user experience. Setelah desain UX dan UI selesai, tim pengembang akan menerima semua data yang dikumpulkan untuk dikembangkan.

Evaluasi 

Evaluasi UX adalah bagian di mana Anda dapat mencoba tes usability untuk mengetahui apakah produk tersebut menawarkan solusi atau tidak. Jangan lupa untuk meminta umpan balik pengguna untuk membantu Anda meningkatkan kualitas produk aplikasi Anda agar tetap dicintai pengguna.

Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet? 

Nah, itulah penjelasan mengenai user experience (UX) yang dapat anda terapkan untuk website anda. Atau jika anda lebih menginginkan untuk memiliki website bisnis tanpa ribet, anda dapat menggunakan jasa pembuatan website dari Nevaweb! Yuk, kunjungi website Nevaweb dan konsultasikan website impianmu sekarang juga!