kode referral adalah

Kode Referral: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Kode Referral?

Kode referral pada dasarnya adalah kode unik yang terdiri dari karakter alfanumerik serta dalam beberapa kasus bisa berupa kata-kata lengkap seperti nama pelanggan. Jenis kode referral unik ini biasanya diberikan dari perusahaan kepada anggota audiensnya sebagai kode promo yang dapat mereka bagikan dengan teman dan keluarga mereka.

Dengan kat alain, kode referral adalah jenis ID khusus – kombinasi unik dari angka dan huruf yang diberikan kepada seseorang, perujuk, yang ingin berpartisipasi dalam program referral, seperti program referral teman.

Kode referral diberikan kepada setiap perujuk segera setelah mereka bergabung dengan suatu program. Kode unik ini melacak dan menghubungkan setiap langkah proses, dari saat pelanggan mengirim referral hingga apakah referral tersebut menghasilkan pembelian. Yang terpenting, kode-kode ini secara otomatis mendistribusikan hadiah kepada perujuk dan pelanggan yang dirujuk.

Bagaimana Cara Kerja Kode Referral?

Buat Program referral 

Seperti yang mungkin sudah anda duga, anda harus terlebih dahulu membuat program referral secara manual atau dengan perangkat lunak. Ini melibatkan memilih insentif referral dan membangun landing page atau tempat sentral bagi pelanggan untuk bergabung dengan program anda, serta tempat bagi pelanggan yang dirujuk untuk mendarat.

Tetapkan kode unik kepada pelanggan

Segera setelah pelanggan yang ada bergabung dengan program referral Anda, mereka harus diberi dan ditunjukkan kode referral unik yang dapat mereka akses melalui email dan portal (atau hub). Ini adalah titik keterlibatan tinggi dengan pelanggan Anda, dan Anda ingin membantu mereka mulai merujuk segera

Baca Juga :   Apa Itu SEO, SEM, SMM, dan SMO? Pahami Dunia Digital Marketing

Minta pelanggan untuk membagikan kode mereka

Sangat mudah bagi orang untuk mengirim kode referral ke jaringan mereka melalui email, berbagi sosial, dan aplikasi perpesanan. Tetapi Anda harus secara langsung mendorong pembagian ini. Bagian besar dari menjalankan program referral yang sukses adalah promosi rutin dan mengingatkan orang-orang bahwa program Anda ada (dan ada sesuatu di dalamnya untuk mereka!). Beberapa saluran promosi program yang paling populer adalah email dan dalam aplikasi (setelah checkout, misalnya).

Lacak atau kumpulkan kode referral saat pembelian

Pantau transaksi online, seperti di toko e-commerce atau langganan, pelanggan baru cukup memasukkan kode referral rekan mereka saat checkout dan Anda akan tahu siapa yang mengirimnya. Anda juga dapat membuat halaman arahan khusus di situs Anda untuk mengumpulkan kode referral selama pembelian. Untuk transaksi offline, Anda dapat meminta referral atau staf Anda memasukkan kode secara manual selama proses checkout (itulah sebabnya sebaiknya tetap sederhanakan kode langsung).

Beri imbalan kepada pelanggan

Setelah pembelian dikonfirmasi, Anda dapat mengirimkan imbalan kepada pelanggan secara manual (misalnya kartu hadiah, produk gratis), atau menghubungkan perangkat lunak referral dengan CRM atau platform e-niaga Anda untuk memicu hadiah berdasarkan tindakan tertentu

Manfaat Menggunakan Kode Referral Pelaku Usaha

Meningkatkan kesadaran dan reputasi merek

hal pertama tentang kode referral adalah mereka membantu anda meningkatkan kesadaran dan reputasi merek. ini bekerja dengan cukup sederhana, jika anda memilki lima pelanggan yang memiliki lingkaran sepuluh teman dekat atau anggota keluarga dan anda memberi mereka kode referral, mereka dapat berbagi dengan teman-teman mereka dan mendapatkan hadiah untuk itu. maka pada dasarnya anda memperluas basis pelanggan anda.

Baca Juga :   Pengertian WWW (World Wide Web), Sejarah & Fungsi Serta Cara Kerja

Membangun hubungan yang kuat dengan audiens Anda

Membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens Anda adalah kode referral manfaat lain yang mungkin datang, terutama untuk bisnis online yang terkadang kehilangan esensi interaksi pelanggan.

Rekomendasi dari seorang teman adalah 50x lebih mungkin untuk memicu pembelian dan mempengaruhi keputusan pembelian yang jelas menunjukkan kepada kita bahwa konsumen mengambil pendapat teman-teman mereka tentang suatu merek dengan cukup serius.

Menghemat waktu dan uang

Manfaat terakhir dari kode referral yang ingin kami perhatikan adalah Menggunakan kode referral umumnya dapat membantu bisnis menghemat uang dan waktu. Yang kami maksud dengan itu adalah bahwa, dengan menggunakan kode referral, bisnis dapat memperoleh pelanggan baru dengan cara yang lebih murah daripada menjalankan kampanye iklan berbayar misalnya.

Anda pada dasarnya memberi tahu pelanggan Anda bahwa mereka memiliki kode unik yang dapat mereka bagikan, melalui media sosial atau email misalnya, dengan siapa pun yang mereka inginkan dan Anda akan memberi mereka dan teman-teman mereka sedikit sesuatu sebagai ucapan terima kasih atas referralnya

 

Manfaat Menggunakan Kode Referral bagi Konsumen

Kode referral menawarkan beberapa manfaat bagi pelanggan. Berikut adalah beberapa keuntungan utama:

  1. Diskon atau Kredit: Pelanggan sering menerima diskon atau kredit untuk pembelian di masa mendatang ketika mereka menggunakan kode referral.
  2. Akses Eksklusif: Beberapa program referral menyediakan akses eksklusif ke produk atau penjualan baru.
  3. Peningkatan Nilai: Pelanggan yang dirujuk cenderung memiliki nilai umur yang lebih tinggi, yang berarti mereka menghabiskan lebih banyak dari waktu ke waktu.
  4. Kepercayaan dan Kredibilitas: Kode referral berasal dari teman atau keluarga, yang dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas untuk merek.
  5. Hadiah untuk Merujuk: Pelanggan dapat memperoleh hadiah untuk merujuk pelanggan baru, yang dapat berupa uang tunai, diskon, atau fasilitas lainnya.
Baca Juga :   Mengenal Link Building dan Cara Membuatnya

Secara keseluruhan, kode referral menciptakan situasi win-win di mana pelanggan yang sudah ada mendapatkan imbalan karena mempromosikan merek, dan pelanggan baru mendapatkan rekomendasi terpercaya bersama dengan insentif keuangan untuk mencoba produk atau layanan. Ini adalah alat pemasaran yang kuat yang memanfaatkan dari mulut ke mulut untuk membangun basis pelanggan dan menumbuhkan loyalitas 

Contoh Referral Code

Untuk memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang cara kerja kode referral, mari kita bahas beberapa contoh dari perusahaan dengan basis pelanggan besar yang telah menggunakan program referral untuk mendorong pertumbuhan mereka.

Zipcar

Program referral Zipcar memberikan setiap pelanggan tautan referral mereka sendiri, yang dapat langsung mereka bagikan dengan orang lain. Seperti yang disorot pada tangkapan layar di bawah ini, Anda dapat melihat kode referral unik ditemukan di akhir tautan – seluruh tautan mudah disalin dan ditempel sehingga pelanggan dapat membagikannya dalam email, teks, atau di sosial.

Airbnb

Airbnb adalah perusahaan yang dikenal dengan program referralnya yang populer. Dalam contoh kode referral ini, mereka menggabungkan nama pengguna dengan serangkaian angka untuk membuat kode referral unik yang masuk ke tautan referral pelanggan.

Ibotta

Ibotta, sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda mendapatkan uang kembali untuk pembelian di dalam toko dan online, adalah perusahaan lain dengan program referral teman yang populer. Namun, contoh kode referral ini sedikit berbeda: Ini adalah kode unik, tanpa tautan. Dengan jenis kode referral ini, referral (pengguna baru) harus mengunduh aplikasi perusahaan dan mengetikkan kode secara manual. Program ini juga menawarkan opsi untuk mengundang teman melalui media sosial, yang secara otomatis menambahkan kode referral ke pembelian pertama pengguna baru  

Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet? 

Terlepas dari itu,  Jika anda ingin memiliki website toko online tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!