Sebuah situs web memungkinkan Anda untuk menargetkan seluruh dunia (online). local SEO, sebaliknya, difokuskan pada peringkat yang lebih tinggi di area lokal Anda. Apalagi sekarang, ketika orang mencoba menghubungi Anda lebih sering secara online daripada offline, ada baiknya berinvestasi di dalamnya. Ditemukan online oleh audiens lokal Anda sangat meningkatkan peluang bisnis Anda untuk bertahan hidup. Di sini, kami akan menjelaskan apa itu local SEO dan memandu Anda ke bacaan yang lebih mendalam untuk membantu Anda membuat situs web Anda dapat ditemukan di wilayah Anda.
Daftar Isi
Pengertian Local SEO
Local SEO adalah Search Engine Optimization (SEO) yang membantu bisnis Anda lebih terlihat di hasil pencarian lokal di Google. Setiap bisnis yang memiliki lokasi fisik atau melayani wilayah geografis dapat memperoleh manfaat dari local SEO. Jika Anda mencari Google untuk kata kunci penting yang terkait dengan bisnis Anda dan peta dengan 3 daftar muncul di bawahnya (juga dikenal sebagai paket peta), maka local SEO dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.
Bagaimana dengan hasil pencarian organik lokal? Setelah menganalisis perilaku pengguna selama triliunan pencarian, Google menemukan bahwa orang yang mencari jenis bisnis tertentu membutuhkan hasil dari area terdekat mereka. Itulah sebabnya algoritma pencarian lokal Google menyertakan faktor kedekatan, yang merupakan cara mewah untuk mengatakan bahwa Google memperhitungkan lokasi Anda ketika Anda mencari kata kunci lokal (kueri dengan maksud lokal). Ini terjadi bahkan ketika pencari tidak menyertakan nama kota atau “dekat saya” dalam pencarian mereka.
Jika Anda sedang bekerja dan ingin mendapatkan pizza yang dikirim untuk makan siang, misalnya, Googling “pengiriman pizza” menunjukkan daftar lokasi di dekat kantor Anda di SERP lokal. Tetapi jika Anda mencoba pencarian yang sama di rumah, Anda akan mendapatkan serangkaian hasil yang sangat berbeda. Ini masuk akal, mengingat Anda membutuhkan pizza yang dikirim dari suatu tempat di dekatnya.
Pencarian lokal telah ada selama bertahun-tahun, tetapi terbatas karena orang hanya menggunakan komputer desktop mereka. Namun, dengan pertumbuhan baru-baru ini dalam akses internet seluler, pencarian seluler telah meledak, sehingga local SEO menjadi sangat penting bagi keberhasilan bisnis apa pun yang menawarkan produk atau layanan lokal dan pemasar lokal.
Mengapa Local SEO Penting
Meningkatkan Visibilitas Online
Banyak orang menggunakan mesin pencari untuk menemukan bisnis lokal. Dengan local SEO, bisnis anda lebih mungkin muncul di hasil pencarian ketika seseorang mencari produk atau layanan yang anda tawarkan di area anda.
Meningkatkan Lalu Lintas ke Situs Web
Pelanggan lokal yang menemukan bisnis anda melalui pencarian lokal lebih mungkin untuk melakukan pembelian atau menggunakan layanan anda karena mereka sudah berada di dekat lokasi anda.
Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
Bisnis yang muncul di hasil pencarian lokal sering dianggap lebih terpercaya. Ulasan positif dan informasi bisnis yang lengkap juga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis anda.
Optimalisasi untuk mobile users
Banyak pencarian lokal dilakukan melalui perangkat mobile. Local SEO membantu memastikan bahwa bisnis anda mudah ditemukan oleh pengguna mobile yang mencari produk atau layanan di area mereka.
Dengan local SEO, anda bisa memastikan bahwa bisnis anda tidak hanya ditemukan oleh lebih banyak orang, tetapi juga oleh orang-orang yang lebih mungkin menjadi pelanggan setia.
Strategi Local SEO yang Efektif
Optimalisasi Google My Business
Google My Business adalah listing bisnis gratis yang dapat muncul di hasil pencarian Google seperti pada gambar dibawah ini.
Jika Anda mengoptimalkan profil Anda, Google lebih cenderung memberi peringkat tinggi ketika calon pelanggan mencari istilah yang relevan. Yang berarti pengguna tersebut lebih cenderung menghubungi atau mengunjungi bisnis Anda. Untuk memulai, Anda harus menambahkan dan/atau memverifikasi Profil Bisnis Anda. Dan isi sebanyak mungkin. Misalnya, Anda dapat memberikan rincian kontak, jam buka, foto dan video.
Penggunaan Kata Kunci Lokal
Lakukanlah riset kata kunci local seo. Ini adalah proses menemukan istilah pencarian yang digunakan orang saat mencari produk dan layanan lokal. Peringkat untuk kata kunci ini mendorong lalu lintas lokal yang sangat bertarget ke situs anda dan mengirim lebih banyak pelanggan.
Pengelolaan Ulasan dan Rating
Jika Anda memiliki lebih banyak ulasan dan peringkat bintang yang lebih tinggi daripada pesaing Anda, Anda memiliki peluang lebih baik untuk mengungguli mereka. Dan pengguna mungkin lebih cenderung memilih Anda.
Jangan lupa untuk menanggapi ulasan Google anda juga. Sebab, Ini menunjukkan bahwa Anda peduli dengan umpan balik pelanggan Anda. Dan memberi Anda kesempatan untuk melawan komentar negatif.
Langkah-langkah Memulai Local SEO
1. Mengklaim listingan Google Profil Bisnis
Langkah pertama untuk memiliki kampanye local SEO yang sukses adalah mengklaim cantuman Google Profil Bisnis Anda. Ketika pengguna melakukan pencarian lokal, sebuah kotak dengan daftar tiga bisnis, yang dikenal sebagai Google local SEO 3-pack, muncul di hasil pencarian. Cantuman ini adalah cantuman Google My Business.
Setelah mengklaim listingan, Anda harus mengoptimalkannya untuk memastikan Anda muncul di hasil penelusuran yang tepat. Jika orang menyukai listingan Anda, mereka ingin mengunjungi situs Anda dan mempelajari bisnis Anda lebih lanjut. Dengan mengoptimalkan listingan, Anda akan membantu mendorong lebih banyak traffic lokal untuk bisnis Anda. Ini adalah hal pertama yang ingin Anda periksa dari daftar periksa local SEO Anda di Google.
2. Optimalkan tag judul Anda
Tag judul adalah bagian penting dari SEO. Mereka adalah hal pertama yang dilihat audiens Anda di hasil penelusuran saat mereka mencari bisnis lokal. Tag judul Anda adalah pratinjau halaman Anda. Ini bisa menjadi faktor penentu apakah seseorang mengklik situs web Anda. Berikut cara membuat tag judul yang optimal:
3. Optimalkan meta description Anda
Selain tag judul, Anda ingin mengoptimalkan deskripsi meta Anda. Setelah orang melihat tag Anda, mereka akan sering melihat deskripsi meta Anda untuk melihat apakah informasi Anda masih relevan. Anda dapat mengoptimalkan deskripsi meta Anda dengan menggunakan kata kunci Anda dalam deskripsi.
4. Buat URL yang ramah SEO
Saat Anda melihat daftar periksa SEO untuk bisnis lokal, Anda akan melihat URL yang ramah SEO di daftar Anda. URL yang ramah SEO sangat penting bagi pengguna dan mesin pencari. Jika Anda tidak memiliki URL yang ramah SEO, mesin pencari tidak akan dapat menggunakannya untuk mengenali konteks halaman Anda. URL yang bagus dan ramah SEO pendek, ringkas, dan mudah diingat.
Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet?
Solusi local SEO sangat penting untuk membantu bisnis Anda mendorong prospek yang tepat. Jika Anda ingin orang memilih bisnis Anda, Anda harus mengoptimalkan strategi lokal Anda untuk membantu mereka menemukan bisnis anda.
Terlepas dari itu, Jika anda ingin memiliki website toko online tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!