lead magnets

Pengertian Lead Magnet Marketing dan Cara Membuatnya

Hanya karena konsumen masuk toko atau website anda bukan berarti anda telah mengamankan bisnis anda. Untuk meningkatkan win rate anda, anda perlu menarik pelanggan yang tepat dan membangun hubungan dengan mereka.

Disinilah lead magnet berguna secara efektif. Sesuai namanya, lead magnet menarik calon pembeli dengan penawaran yang menarik. Dengan menciptakan lead magnet yang tepat, perusahaan dapat mendatangkan lebih banyak prospek berkualitas tinggi dan mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar. Yuk ketahui lebih dalam apa itu lead magnet mulai dari definisi hingga cara membuat dan tipenya!

Apa itu Lead Magnet? 

Lead magnet mengacu pada insentif yang digunakan marketer untuk membuat pelanggan potensial membagikan informasi kontak mereka. Marketer kemudian akan menggunakan informasi kontak yang mereka kumpulkan untuk mengubah prospek menjadi pelanggan yang membayar. Misalnya, marketer menggunakan alamat email yang mereka kumpulkan untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.

Menggunakan lead magnet memungkinkan anda menargetkan segmen pasar tertentu. Anda dapat bereksperimen dengan berbagai ide lead magnet untuk menangkap audiens tertentu berdasarkan minat dan kebutuhan mereka. 

Cara Membuat Lead Magnet

Cari tahu siapa yang anda targetkan dan apa yang mereka inginkan

Tujuan dari lead market adalah untuk menawarkan sesuatu yang diinginkan audiens anda sebagai imbalan atas informasi kontak mereka. Untuk melakukan ini, anda harus tahu persona pengguna apa yang anda targetkan dan tawaran apa yang memikat mereka. 

Baca Juga :   Afiliasi: Pengertian, Cara Kerja dan Ragam Keuntungannya

Rancang, buat, dan beri nama lead magnet anda

Sekarang setelah anda tahu apa penawaran anda, saatnya untuk memproduksinya! Anda harus membuat dan mendesain lead magnet anda. Jika Anda tidak memiliki desainer internal, Anda dapat menggunakan platform seperti Canva. Platform mereka menawarkan ratusan template yang dapat Anda sesuaikan untuk membangun magnet utama Anda, mulai dari buku dan slide presentasi hingga lembar kerja dan laporan.

Setelah pekerjaan desain selesai, beri nama magnet utama Anda. Pikirkan sesuatu yang menarik yang akan menarik audiens Anda dan menyoroti manfaatnya, seperti “Lembar Kerja Utama yang Dibutuhkan Setiap Influencer,” dan “101 Cara untuk Memonetisasi Merek Anda.”

Bangun jalur konversi anda

Langkah selanjutnya adalah membangun jalur konversi anda, yang harus menyertakan landing page, halaman terimakasih, formulir dan list email anda. Untuk formulir Anda, dua informasi yang harus Anda sertakan adalah nama dan email. Segala sesuatu yang lain adalah opsional. Namun, semakin banyak yang anda sertakan di formulir semakin tinggi kemungkinan pengguna malas untuk mengisinya.

Tetapkan jadwal untuk update teratur

Tergantung pada jenis lead magnet yang anda buat, anda mungkin perlu memperbaruinya secara teratur. Misalnya, katakanlah Anda membuat laporan tentang gaji ilmu data 2021. Saat mendekati tahun 2022, Anda harus memperbarui informasi pada laporan untuk mencerminkan data saat ini. Jika tidak, penawaran Anda mungkin tidak lagi berharga bagi audiens Anda.

Selain itu, jika Anda melakukan survei umpan balik tentang penawaran Anda, saring komentar prospek Anda. Komentar mereka dapat memberi Anda ide tentang cara meningkatkan penawaran Anda saat ini

Tipe-Tipe Lead Magnet

Berikut adalah beberapa tipe lead magnet yang paling efektif untuk kampanye pemasaran anda. Setiap jenis berisi tips tentang bagaimana anda dapat menerapkannya secara optimal. 

Baca Juga :   Apa Itu User Interface? Pengertian, Fungsi dan Contohnya!

Formulir Pendaftaran

Formulir pendaftaran tetap menjadi salah satu cara paling sederhana untuk mendapatkan nama dan detail kontak seseorang. Pengguna yang mengisi tipe lead magnet ini menyatakan minatnya pada bisnis anda. Mereka hanya berjarak satu panggilan telepon dari pembelian produk atau layanan anda saat ini.

Pastikan formulir pendaftaran anda berada di lokasi yang terlihat di website anda. Sebagian besar marketer akan memiliki link formulir pada menu.

Ebook

Ebook populer di kalangan marketer karena memberi mereka kesempatan untuk menunjukkan keahlian mereka kepada audiens yang mau belajar. Melalui tipe lead magnet ini, mereka dapat menulis tentang bisnis mereka, berbicara tentang industri mereka, atau fokus pada topik yang akan diminati oleh target audiens mereka.

Webinar

Diantara tipe lead magnet utama yang ada dalam daftar ini, webinar bisa dibilang yang paling efektif dalam memberikan pengetahuan dan paling interaktif, membuatnya lebih menyenangkan bagi instruktur dan siswa. Memilih visual yang tepat untuk membantu mengomunikasikan ide-ide Anda adalah kunci keberhasilan webinar Anda.

Uji Coba Gratis

Beberapa bisnis SaaS menawarkan uji coba gratis layanan mereka dengan imbalan alamat email. Mereka kemudian akan menggunakannya untuk mengirim iklan bertarget yang menampilkan produk mereka. Ini adalah win-win untuk semua orang yang terlibat. Pengguna dapat mengambil produk untuk test drive sementara pemasar mendapatkan prospek baru untuk kampanye mereka.

Ini tidak jauh berbeda dari bagaimana perusahaan besar seperti Apple membuat pengguna mendaftar untuk uji coba layanan mereka seperti Apple TV +. Pengguna terbuka untuk memberikan alamat email mereka jika mereka dapat merasakan produk secara langsung sebelum berlangganan.

Kuis

Lead magnet tidak selalu bersifat serius, ini juga dapat menyenangkan dan menarik. Dan salah satu tipe lead magnet yang lebih menghibur adalah kuis. Buat kuis yang terkait dengan bisnis Anda atau kuis yang menurut Anda akan disukai audiens Anda. Tampilkan kuis di situs Anda sehingga pengunjung dapat menjawabnya.

Baca Juga :   Mengenal Tagline: Pengertian, Contoh, dan Tips Cara Membuatnya

Lebih penting lagi, Anda tidak ingin berbagi dengan mereka hasilnya segera setelah mereka selesai menjawab. Anda ingin mengumpulkan informasi pribadi mereka terlebih dahulu (itulah sebabnya Anda membuat magnet utama ini untuk memulai) sehingga Anda dapat mengirimkan hasilnya melalui email.

Buletin

Selain sebagai contoh klasik dari magnet utama, buletin juga sangat sederhana. Pengguna mendapatkan pembaruan dari merek yang mereka sukai sebagai imbalan atas informasi kontak mereka.

Alih-alih hanya berbagi pembaruan tentang bisnis Anda, bagikan berita dan tren terbaru di industri Anda. Anda bahkan dapat berbagi konten dari situs web lain yang mungkin diminati pelanggan. Tujuannya adalah untuk memberikan nilai sebanyak mungkin kepada audiens Anda, bahkan jika pembaruan tidak secara eksklusif berasal dari merek Anda.

Diskon

Ya, Anda dapat menawarkan diskon dan mendapatkan detail kontak seseorang sebagai imbalannya. Karena manfaatnya sangat jelas dan menarik, pengguna tidak akan kesulitan memberikan detail mereka jika itu berarti mereka akan menghemat uang.

Gunakan diskon sebagai lead magnet selama periode lambat dalam bisnis anda. Misalnya, berikan kupon untuk produk musiman selama musim yang paling tidak populer seperti dekorasi natal berbulan-bulan sebelum musim liburan.

Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet?

Terlepas dari itu,  Jika anda ingin memiliki website profesional tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!

×