Apakah Anda berada di awal perjalanan Search Engine Optimization (SEO) Anda? Mungkin Anda pernah mendengar bahwa SEO dapat membantu mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dan memberi Anda peringkat lebih tinggi di search engine.
Jangan khawatir Nevaweb disini datang untuk menghilangkan kebingungan anda tentang apa itu SEO hingga tips-tips bermanfaat yang bisa anda praktekkan untuk mengarahkan lalu lintas pada website anda. Langsung saja, mari kita mulai dengan pengertian dasar SEO!
Daftar Isi
Pengertian Dasar tentang SEO
Mari kita mulai dengan mengajukan pertanyaan yang jelas: apa sebenarnya SEO itu? SEO adalah singkatan dari ‘Search Engine Optimization’, yang merupakan proses mendapatkan lalu lintas dari hasil pencarian gratis, organik, editorial, atau alami di mesin pencari. Ini bertujuan untuk meningkatkan posisi situs web Anda di search engine result page (SERP). Ingat, semakin tinggi situs web terdaftar, semakin banyak orang akan melihatnya.
Teknik On-Page SEO
On-page SEO adalah teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan halaman web individu untuk peringkat lebih tinggi dan mendapatkan lalu lintas yang lebih relevan di mesin pencari. Dalam optimasi mesin pencari, seperti Google, Yahoo, dan Bing optimasi on-page mengacu pada faktor yang mempengaruhi situs web Anda dan daftar halaman web dalam hasil pencarian alami.
Perlu dicatat bahwa sementara mesin pencari melihat situs web secara keseluruhan, peringkat dilakukan berdasarkan tingkat halaman. Itulah mengapa penting untuk memperhatikan optimalisasi setiap halaman di situs web Anda. Berikut adalah teknik On-page SEO yang paling penting:
Optimalkan Tag H1 Anda
Ini adalah faktor SEO yang penting. Judul halaman ditampilkan dalam hasil pencarian dan harus menarik bagi pengguna untuk mengklik. Judul halaman juga harus memberikan bot mesin pencari petunjuk yang cukup tentang apa isi halaman itu.
Optimalkan Judul Anda
Selain tag H1, halaman harus memiliki subpos (H2, H3) untuk bagian yang berbeda. Dalam kasus konten bentuk panjang, subpos membuat halaman lebih mudah dibaca oleh pengguna dan dipindai oleh crawler.
Pemformatan Halaman
Menerbitkan halaman dengan teks dan gambar tanpa menghabiskan waktu mempercantik konten bukanlah praktik SEO yang baik. Meskipun Google tidak dapat ‘melihat’ halaman seperti manusia, mereka memiliki cara untuk memahami bagaimana halaman terlihat atau jika penuh dengan iklan dan popup, dan ini diperhitungkan selama proses peringkat.
Teknik Off-Page SEO
Off-page optimization mengacu pada teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan posisi website pada search engine results page (SERPS). Banyak orang mengasosiasikan SEO off-page dengan membangun tautan tetapi tidak hanya itu. Ini juga digunakan dalam metode promosi seperti blogging, desain situs web, bookmark sosial, dll.
Sementara jenis SEO sebelumnya lebih terkonsentrasi pada infrastruktur dan konten situs web, SEO off-page melibatkan teknik yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan situs web Anda secara online. Situs web populer lebih mungkin mendapat peringkat lebih tinggi di Google daripada situs web yang kurang populer. Berikut adalah teknik On-page SEO yang paling penting:
Link Building
Link building adalah proses mendapatkan backlink dari website lain. Backlink ini bertindak sebagai ‘suara kepercayaan’ dan meningkatkan otoritas situs web target
Penyebutan Merk
Google suka memberi peringkat tinggi pada merek terkenal dalam hasil karena orang mempercayainya. Selain mempromosikan situs web Anda untuk mendapatkan backlink, Anda juga harus berupaya mempromosikan merek Anda dan mendorong percakapan tentang hal itu di berbagai jaringan dan forum media sosial. Google dapat mengambil sinyal ini dan menghargai situs web yang dibicarakan orang.
Content Marketing
Menggunakan metode pemasaran konten seperti menerbitkan studi industri yang unik atau konten yang mungkin bermanfaat bagi jurnalis adalah cara yang bagus untuk mendapatkan eksposur dan sebutan yang dapat mempengaruhi peringkat Google Anda secara positif.
Media Sosial dan Pemasaran Influencer
Teknik lain untuk mempromosikan situs web Anda adalah menggunakan platform media sosial dan influencer. Metode ini dapat menghasilkan lebih banyak penjualan untuk bisnis Anda dan bagus untuk SEO off-page Anda.
Tips Memilih Kata Kunci yang Tepat
Memilih dan mengoptimalkan kata kunci yang tepat, bagaimanapun, akan menghasilkan lebih banyak keterlibatan, prospek yang berkualitas, dan pada akhirnya mendorong penjualan. Kata kunci adalah dasar dari strategi SEO yang dibangun dengan baik, jadi mari simak tips memilih kata kunci yang tepat dibawah ini:
Lakukan Riset
Langkah pertama dalam memilih kata kunci yang tepat untuk kampanye SEO Anda adalah melakukan riset. Anda perlu tahu kata kunci apa yang relevan dengan bisnis Anda dan mana yang memiliki volume pencarian tertinggi. Jika Anda memilih kata kunci yang memiliki volume pencarian rendah, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang anda cari.
Targetkan Long Tail Keyword
Salah satu tips terbaik untuk memilih kata kunci adalah menargetkan long tail keyword. Ini adalah kata kunci yang spesifik untuk bisnis Anda dan memiliki volume pencarian yang tinggi. Menargetkan kata kunci ekor panjang dapat membantu Anda mencapai hasil yang lebih baik daripada menargetkan kata kunci umum.
Gunakan Google Trends
Google Trends adalah alat yang hebat untuk memilih kata kunci. Ini memungkinkan Anda untuk melihat seberapa populer kata kunci tertentu dan bagaimana trennya dari waktu ke waktu. Informasi ini dapat membantu saat memutuskan kata kunci mana yang akan ditargetkan!
Jauhi Black Hat SEO
Black hat SEO adalah praktik menggunakan taktik tidak etis untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di mesin pencari. Ini termasuk praktik seperti penjejalan kata kunci, teks dan tautan tersembunyi, mengalihkan pengguna dari satu alamat URL ke alamat URL lainnya tanpa sepengetahuan atau izin mereka (seperti saat mereka mengklik iklan).
Jika Anda ingin orang mengunjungi situs Anda secara sah maka jangan gunakan metode ini – itu hanya akan menunda mereka kembali lagi karena terasa menipu! Anda juga harus menghindari peternakan tautan dengan segala cara karena ini dapat membuat Google berpikir bahwa ada yang salah dengan otoritas domain Anda.
Macam Alat/Tools SEO
Google Analytics
Karena gratis, Google Analytics sangat kuat dan berfungsi baik dengan produk Google lainnya, termasuk Optimize, Search Console, dan Data Studio. Beberapa orang memiliki masalah privasi dengan GA – meskipun Google bersumpah mereka tidak menggunakan data ini untuk peringkat pencarian.
Search Console
Mungkin alat SEO gratis yang paling berguna di seluruh daftar ini, sulit membayangkan melakukan SEO modern tanpa akses ke data di dalam Search Console Google. Ini adalah lokasi yang paling dapat diandalkan untuk informasi tentang bagaimana Google merayapi dan memberi peringkat situs Anda, dan merupakan satu-satunya tempat di mana Anda bisa mendapatkan data kata kunci yang andal. Search Console membatasi download hingga 1000 baris, jadi bookmark juga Search Console Data Exporter gratis untuk mendownload hingga 25.000 baris sekaligus.
Keyword Hero
Keyword Hero berfungsi untuk memecahkan masalah data kata kunci yang hilang dengan banyak matematika tingkat lanjut dan pembelajaran mesin. Ini bukan sistem yang sempurna, tetapi bagi mereka yang berjuang untuk mencocokkan kata kunci dengan konversi dan metrik di tempat lainnya, data dapat menjadi langkah berharga ke arah yang benar.
Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet?
Terlepas dari itu, Jika anda ingin memiliki website toko online tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!