SEO (search engine optimization) adalah tentang mendapatkan lalu lintas dan arahan dari hasil organik di halaman mesin pencari. SEM (pemasaran mesin pencari) adalah strategi yang lebih luas untuk mendapatkan lalu lintas dari hasil organik menggunakan SEO dan hasil berbayar melalui iklan bayar per klik (PPC).
Tetapi SEM dan SEO membutuhkan investasi yang berbeda, memberikan hasil yang berbeda, dan bekerja pada skala waktu yang berbeda. Dan itulah yang akan Nevaweb uraikan untuk Anda dalam artikel ini.
Pada akhirnya, Anda akan dapat dengan percaya diri memilih strategi pemasaran pencarian mana yang tepat untuk Anda — dan memiliki banyak kiat untuk melakukan semuanya dengan sangat baik.
Daftar Isi
Pengertian SEM dan SEO
SEM (Search Engine Marketing)
SEM adalah proses digital marketing untuk meningkatkan visibilitas di search engine baik dengan mendapatkan lalu lintas organik melalui SEO atau lalu lintas berbayar melalui iklan PPC. Lalu lintas Search Engine Marketing (baik melalui SEO organik atau Paid Search Advertising) dianggap sebagai sumber lalu lintas Internet yang paling penting karena ditargetkan.
Sudah diterima secara luas bahwa orang menggunakan mesin pencari untuk menemukan solusi untuk suatu masalah, jawaban atas pertanyaan, atau untuk belajar bagaimana melakukan sesuatu. Jadi, ketika pencari mengklik situs web dari hasil pencarian atau mengklik iklan, mereka lebih cenderung berkonversi. Relevansi situs web dan iklan yang ditampilkan membuat lalu lintas SEM lebih berharga daripada sumber lalu lintas lainnya.
Melalui iklan pencarian berbayar, Anda pada dasarnya membeli ruang iklan di hasil mesin pencari. Jadi, alih-alih mencoba peringkat di salah satu posisi teratas secara organik melalui SEO dan mendapatkan lalu lintas gratis, Anda membayar untuk muncul di depan hasil pencarian.
Platform iklan pencarian berbayar yang paling terkenal adalah Google Ads. Melalui Google Ads, Anda dapat membuat iklan muncul di hasil penelusuran Google, dan Anda hanya membayar untuk klik pada iklan.
SEO (Search Engine Optimization)
SEO adalah proses mengoptimalkan situs web Anda untuk mendapatkan lalu lintas gratis dari mesin pencari. Lalu lintas yang berasal dari SEO juga disebut sebagai lalu lintas organik. SEO penting karena sebagian besar lalu lintas mesin pencari masuk ke bagian atas hasil organik. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari tanpa membayarnya, situs web Anda harus muncul di salah satu dari 5 posisi teratas. Situs web yang dioptimalkan SEO mudah dipahami oleh crawler mesin pencari, dan ini meningkatkan kemungkinan peringkat lebih tinggi di SERP (search engine result page).
Manfaat SEM dan SEO
SEO dan SEM membantu dalam meningkatkan kredibilitas Anda
Peringkat mesin pencari yang tinggi menunjukkan Google dan orang lain otoritas situs Anda. Berinvestasi dalam SEO dan SEM memastikan situs dan halaman Anda memenuhi standar tinggi. Ini menunjukkan bahwa Anda bertujuan untuk meningkatkan kinerja situs web Anda dan bahwa Anda relevan dengan kebutuhan audiens.
SEO dan SEM penting untuk kesuksesan pemasaran digital
Menjaga situs web Anda tetap aktif online adalah penting. Ini mencegahnya tersesat di miliaran situs web tidak aktif lainnya. Berinvestasi dalam latihan SEO &; SEM membantu Anda untuk tetap fokus dan termotivasi dalam menjaga situs web Anda tetap hidup dan relevan dengan kebutuhan audiens Anda.
SEO dan SEM membantu menemukan audiens target Anda dengan mudah
Aktivitas SEO dan SEM membantu Anda menemukan audiens target Anda dengan menarik peringkat mesin pencari. Pengguna, dengan memasukkan frase pencarian kata kunci memiliki kesempatan untuk menemukan halaman web Anda di peringkat mesin pencari. Dengan cara ini, mereka dapat menavigasi minat mereka dengan mengunjungi situs web Anda untuk melayani tujuan strategis bisnis Anda.
SEO dan SEM membantu memberi Anda keunggulan kompetitif
SEO dan SEM memiliki peran penting dalam membangun keunggulan kompetitif situs web dan bisnis Anda. Mengikuti praktik terbaik SEO penting dalam menjaga kualitas situs web Anda tetap tinggi. Ini memberikan keunggulan kompetitif atas pesaing Anda dengan meningkatkan jangkauan Anda dengan pengguna.
Perbandingan Efektivitas SEM vs. SEO
Biaya
SEO organik umumnya merupakan taktik pemasaran terbaik untuk hasil jangka panjang. Situs web yang berperingkat tinggi dalam hasil organik untuk kata kunci target mereka bisa mendapatkan lalu lintas gratis 24/7, pengakuan industri, dan menikmati semua manfaat SEO. Situs web yang menggunakan PPC masih bisa mendapatkan lalu lintas bertarget dari mesin pencari tetapi harus membayarnya. Setelah mereka menghentikan kampanye berbayar, lalu lintas menghilang.
Jadi, mana yang lebih efektif dari segi biaya, SEO atau SEM? Pasti SEO. Ini mungkin memerlukan investasi awal, tetapi begitu Anda sampai pada titik di mana Anda mendapat peringkat tinggi untuk kata kunci yang penting bagi bisnis Anda, Anda dapat menikmati perjalanan dan ‘lalu lintas gratis’ 24/7 tanpa khawatir tentang anggaran iklan.
Waktu
Perbedaan utama lainnya antara SEO dan SEM adalah bahwa SEO membutuhkan banyak waktu untuk bekerja dan menghasilkan hasil, sementara PPC hampir instan. Jadi, mana yang lebih baik tergantung pada tujuan pemasaran digital Anda secara keseluruhan. Jika Anda ingin mendapatkan lalu lintas dengan cepat, maka Anda dapat mulai dengan SEM (iklan pencarian berbayar) dan, secara paralel, bekerja pada SEO Anda. Jika Anda ingin membuat bisnis online yang tahan lama tanpa bergantung pada paid traffic, maka SEO adalah jawaban Anda.
Kemudahan Belajar
Akan ada kurva belajar bagi pemula untuk belajar SEO dan PPC, tetapi dari pengalaman saya, Anda bisa menjadi ahli PPC lebih cepat daripada ahli SEO. Alasannya adalah bahwa PPC memiliki aturan yang lebih sedikit dibandingkan dengan SEO. Setelah Anda mempelajari cara menggunakan platform PPC, Anda dapat bereksperimen dengan kampanye PPC. Anda dapat menjalankan kampanye percontohan dengan anggaran terbatas, menganalisis hasil, memperluas anggaran, dan membuat lebih banyak kampanye.
Jadi, mana yang lebih mudah dipelajari? PPC lebih cepat dan lebih mudah dipelajari untuk pemula.
Risiko
Ketika bisnis Anda bergantung pada SEM, Anda perlu mempertimbangkan risiko yang terlibat dengan SEO. Untuk SEO, risiko terbesar adalah perubahan algoritmik Google. Google adalah mesin pencari terbesar dan juga sumber lalu lintas utama untuk situs web apa pun. Mereka merilis perubahan yang mempengaruhi hasil organik beberapa kali per tahun. Selama perubahan ini, kehilangan atau mendapatkan peringkat dan lalu lintas dimungkinkan.
Bagaimana kita meminimalkan risiko? cara terbaik untuk menangani risiko ini adalah dengan menggunakan SEO dan PPC sebagai bagian dari kampanye SEM Anda. Tergantung pada model bisnis Anda, Anda dapat memulai dengan PPC karena dapat menghasilkan hasil yang lebih cepat, tetapi secara paralel, Anda perlu mengerjakan SEO Anda.
Rekomendasi untuk Bisnis SEM atau SEO
Jawaban apakah Anda harus menggunakan SEM atau SEO tergantung pada tujuan, anggaran, dan timeline Anda. Idealnya, Anda harus menggunakan kedua strategi untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.
Jika Anda memiliki anggaran terbatas dan perlu mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dengan cepat, maka SEM mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Namun, jika Anda memiliki waktu dan sumber daya untuk dicurahkan untuk strategi jangka panjang, maka SEO harus menjadi fokus utama Anda.
Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet?
Terlepas dari itu, Jika anda ingin memiliki website toko online tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!