Daftar Isi
Apa itu Marketing Mix?
Marketing mix mencakup beberapa bidang fokus sebagai bagian dari rencana pemasaran yang komprehensif. Istilah ini sering mengacu pada klasifikasi umum yang dimulai sebagai 4P’s yakni product, price, placement, dan promotion.
Pemasaran yang efektif menyentuh berbagai bidang dibandingkan dengan terpaku pada satu pesan. Melakukan hal itu membantu menjangkau khalayak yang lebih luas, dan dengan mengingat empat P, profesional pemasaran lebih mampu mempertahankan fokus pada hal-hal yang benar-benar penting. Berfokus pada bauran pemasaran membantu organisasi membuat keputusan strategis ketika meluncurkan produk baru atau merevisi produk yang sudah ada
Konsep Marketing Mix
Product
Produk adalah barang atau jasa yang dipasarkan ke target audiens. Umumnya, produk yang sukses memenuhi kebutuhan yang saat ini tidak terpenuhi di pasar atau memberikan pengalaman pelanggan baru yang menciptakan permintaan.
Sebelum Anda mulai berpikir tentang pemasaran produk Anda, Anda harus memahami produk Anda secara ekstensif. Anda mungkin mengetahuinya seperti punggung tangan Anda. Semua produk melewati siklus hidup produk, dan mudah untuk mengabaikan tahapan sederhana yang mengajukan pertanyaan seperti:
- Siapa yang menggunakannya?
- Kebutuhan apa yang akan dipenuhi bagi pelanggan?
- Apa bedanya dengan pesaing Anda?
Sebelum Anda menyelam lebih dalam, Anda harus memastikan bahwa Anda benar-benar yakin akan hal di atas.
Price
Price atau harga adalah biaya suatu produk atau layanan. Saat memasarkan produk atau layanan, penting untuk memilih harga yang secara bersamaan dapat diakses oleh target pasar dan memenuhi tujuan bisnis. Model penetapan harga yang berbeda dapat memiliki dampak signifikan pada keberhasilan keseluruhan suatu produk.
Misalnya, jika Anda memberi harga produk Anda terlalu tinggi untuk audiens yang Anda targetkan, maka sangat sedikit dari mereka yang kemungkinan akan membelinya. Demikian pula, jika Anda memberi harga produk Anda terlalu rendah, maka beberapa mungkin melewatkannya hanya karena mereka khawatir kualitasnya lebih rendah dan memotong margin keuntungan potensial Anda.
Untuk mengidentifikasi harga yang sukses, Anda akan ingin benar-benar memahami audiens target Anda dan kesediaan mereka untuk membayar produk Anda. Beberapa pertanyaan yang mungkin Anda tanyakan pada diri sendiri saat Anda mempertimbangkan harga produk Anda meliputi:
- Berapa kisaran harga pesaing produk Anda?
- Berapa kisaran harga audiens target Anda?
- Berapa harga yang terlalu tinggi untuk audiens Anda? Berapa harga yang terlalu rendah?
- Berapa harga yang paling sesuai dengan target pasar Anda?
Placement
Placement adalah tempat anda menjual produk anda dan saluran distribusi yang anda gunakan untuk mendapatkannya ke pelanggan. Seperti harga, menemukan tempat yang tepat untuk memasarkan dan menjual produk Anda adalah kunci untuk menjangkau audiens target Anda.
Jika Anda menempatkan produk Anda di tempat yang tidak dikunjungi pelanggan target Anda — baik secara online maupun offline — maka kemungkinan besar Anda tidak akan memenuhi target penjualan Anda. Tempat yang tepat dapat membantu Anda terhubung dengan audiens target Anda dan membuat Anda siap untuk sukses.
Untuk memutuskan tempat terbaik untuk memasarkan dan menjual produk Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk meneliti tempat fisik atau saluran digital tempat audiens target Anda berbelanja dan mengkonsumsi informasi. Beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan meliputi:
- Dimana anda akan menjual produk anda?
- Dimana target audiens anda berbelanja?
- Saluran distribusi apa yang terbaik untuk mencapai target pasar anda?
Promotion
Promosi adalah cara Anda mengiklankan produk atau layanan Anda. Melalui kegiatan promosi, Anda akan menyebarkan berita tentang produk Anda dengan kampanye pemasaran yang efektif yang beresonansi dengan audiens target Anda.
Ada banyak cara berbeda untuk mempromosikan produk Anda. Beberapa metode tradisional termasuk dari mulut ke mulut, iklan cetak, dan iklan televisi. Di era digital, Anda dapat membuat kampanye pemasaran online untuk mempromosikan produk Anda menggunakan pemasaran konten, pemasaran email, iklan bergambar, dan pemasaran media sosial.
Beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan saat Anda mengerjakan promosi produk Anda meliputi:
- Kapan waktu terbaik untuk menjangkau target audiens anda?
- Saluran pemasaran apa yang paling efektif untuk target audiens anda?
- Pesan pemasaran apa yang paling beresonansi dengan target audiens anda?
- Pendekatan periklanan apa yang paling persuasif bagi target audiens anda?
Peran Marketing Mix dalam Mengembangkan Bisnis Anda
Setelah Anda memahami definisi campuran pemasaran, saatnya untuk mempelajari berbagai manfaat penerapan sistem pemasaran ini. Tidak diragukan lagi, tujuan utama dari marketing mix adalah untuk menarik perhatian target pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli barang. Meskipun demikian, Anda harus memahami berbagai peran dari marketing mix lainnya, seperti:
- Mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan;
- membuat produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan;
- menetapkan harga yang tepat untuk produk atau layanan;
- mempromosikan produk atau layanan kepada target pelanggan;
- membangun saluran distribusi yang efektif;
- dan memberikan informasi kepada pelanggan tentang produk atau layanan.
- Meningkatkan pengetahuan publik tentang perusahaan dan reputasinya.
- Meningkatkan penjualan dan pangsa pasar.
Manfaat Marketing Mix
Marketing mix, yang juga dikenal sebagai 4P, memainkan peran penting dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, berikut adalah beberapa manfaatnya:
Cakupan yang luas
Kerangka marketing mix mempertimbangkan produk, harga, penempatan, dan promosi. Ini membantu bisnis memahami apa yang dapat ditawarkan produk atau layanan mereka kepada pelanggan.
Merencanakan keberhasilan
Dengan menganalisis 4P, organisasi dapat merencanakan penawaran produk yang sukses. Ini memastikan keselarasan dengan kebutuhan pelanggan dan permintaan pasar.
Wawasan dan ROI
Konsep marketing mix memberikan wawasan tentang tren masa depan dan membantu menentukan laba atas investasi (ROI) dan efektivitas pemasaran.
Pemanfaatan kekuatan
Perusahaan dapat memanfaatkan kekuatan mereka dan meminimalkan biaya yang tidak perlu dengan menggunakan marketing mix.
Strategi Marketing Mix yang Dapat Anda Terapkan
Tujuan dan Sasaran
Untuk menciptakan marketing mix yang tepat, anda harus terlebih dahulu mendefinisikan dengan jelas apa yang anda inginkan dari hasil akhirnya, misalkan lebih banyak pelanggan, kesadaran merek, penjualan yang lebih tinggi, dll.
Setiap rencana pemasaran memiliki tujuan pemasarannya sendiri. Juga pastikan anda telah menetapkan kerangka waktu tertentu untuk mencapai tujuan anda.
Tentukan Unique Selling Proposition (USP) Anda
Jelaskan manfaat yang akan dialami pengguna dari menggunakan produk atau layanan Anda. Masalah unik apa yang Anda pecahkan lebih baik daripada orang lain? Misalnya, Tom Shoes memberikan sepasang sepatu baru kepada anak yang membutuhkan untuk setiap pasangan yang Anda beli.
Siapa Target Market Anda?
Untuk berkomunikasi secara efektif dengan audiens Anda, Anda perlu tahu siapa mereka dan bagaimana mereka lebih suka dikomunikasikan. Buat profil mendalam dari customer ideal Anda. Pastikan Anda telah mengumpulkan data konsumen yang cukup untuk mengembangkan gambaran lengkap tentang pembeli ideal Anda.
Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet?
Terlepas dari itu, Jika anda ingin memiliki website toko online tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!