microsite

Apa itu Microsite? Pengertian, Contoh dan Cara Membuatnya

Apa itu Microsite?

Microsite adalah situs web yang mempromosikan produk, layanan, kampanye, acara, atau seluruh merek perusahaan. Definisi microsite mencakup banyak hal yang berbeda; Mereka adalah situs web kecil atau halaman web tunggal yang menggunakan domain atau subdomain yang berbeda, memisahkannya dari situs web utama perusahaan. Pada akhirnya, microsite bertindak sebagai situs web terpisah untuk satu perusahaan, tetapi dapat menyampaikan pesan unik yang berbeda dari situs web sehari-hari bisnis

Microsites biasanya bersifat sementara tetapi dapat digunakan jangka panjang, tergantung pada tujuannya. Misalnya, microsites dapat membantu Anda menargetkan persona pembeli tertentu atau membuat kampanye untuk produk atau layanan. 

Pikirkan seperti ini: Katakanlah Anda memiliki perusahaan yang terdiri dari beberapa merek, masing-masing dengan identitas dan kepribadiannya sendiri. Alih-alih menggabungkan semua elemen grafis berbeda yang memisahkan merek Anda dan audiens mereka, Anda dapat menggunakan microsites untuk kampanye pemasaran digital masing-masing merek untuk menargetkan audiens yang tepat.

Contoh Microsite

BMW 

Mari kita ambil salah satu contoh microsite terbaik untuk memahami konsep dengan lebih baik. BMW memiliki microsite yang didedikasikan untuk mobil X-series untuk pengguna di India. Microsite BMW memiliki domain sendiri (dan tidak di-host di bawah subdomain atau subdirektori dari situs web utama BMW).

segera setelah microsite dimuat, ia menyapa pengguna dengan video yang bersemangat dan memompa adrenalin yang menampilkan mobil X-series. Video ini secara efektif menunjukkan fitur unik mobil – memaksakan kehadiran jalan dan kekuatan belaka. Ini melibatkan pengguna, dan dengan itu, menetapkan nilai merek mobil (atau seri).

Baca Juga :   Strategi Meningkatkan Engagement Media Sosial untuk Bisnis

Adobe CXM

Adobe menciptakan microsite ini untuk memungkinkan pengunjung mengalami kekuatan Adobe CXM dan manfaat yang diberikannya kepada merek. Microsite ini interaktif dan memiliki desain yang menarik dengan CTA tunggal. Halaman ini diisi dengan statistik dan pendapat para ahli tentang CXM untuk membuatnya kaya data dan dapat dipercaya.

Salinan untuk microsite tajam dan informatif, yang harus dirancang untuk melawan kedalaman gulir rendah dan rasio pentalan. Microsite memungkinkan Adobe untuk menginformasikan penggunanya tentang CXM dengan cara yang menarik, yang tidak mungkin dilakukan melalui situs web utama.

Jenis-Jenis Microsite

Landing Page 

Landing page adalah microsite yang dirancang untuk menangkap prospek atau mempromosikan penawaran tertentu. Mereka biasanya memiliki satu ajakan bertindak dan dioptimalkan untuk konversi. 

Halaman Peluncuran Produk

Microsite ini dibuat untuk mempromosikan produk atau layanan baru. Ini dapat mencakup demo produk, spesifikasi, harga, dan informasi relevan lainnya. Microsite ini dirancang untuk mendorong penjualan. Halaman peluncuran produk dapat digunakan untuk membangun daftar email yang ditargetkan, melibatkan calon pelanggan, dan menghasilkan pengguna awal.

Halaman Acara

Microsite acara dibuat untuk mempromosikan acara, seperti konferensi, seminar, atau webinar. Mereka dapat memberikan detail acara, agenda, bio pembicara, dan formulir pendaftaran. Halaman acara dapat digunakan untuk mendorong pendaftaran, mempromosikan pembicara, dan membangun eksposur di sekitar acara. Mereka dapat dioptimalkan untuk SEO untuk meningkatkan visibilitas di halaman hasil mesin pencari dan dibagikan di media sosial untuk meningkatkan keterlibatan dan visibilitas.

Halaman Kampanye

Microsite kampanye digunakan untuk mempromosikan kampanye pemasaran. Ini dapat mencakup penawaran promosi, konten, integrasi media sosial, dan konten buatan pengguna. Microsites kampanye dirancang untuk melibatkan pelanggan dan prospek, meningkatkan kesadaran merek, dan mendorong konversi.

Tips Menciptakan Microsite yang Efektif

Buat nama domain yang unik 

Microsite harus memiliki nama domain yang unik. Ini membantu membuat identitas online terpisah untuk microsite dan membuatnya lebih mudah untuk melacak kinerjanya.

Baca Juga :   Memanfaatkan Kekuatan Influencer Marketing Instagram untuk UMKM

Desain branding

Branding adalah kunci untuk membuat microsite Anda berkembang. Ini termasuk elemen seperti logo, warna, font, dan citra.

Konten yang menarik

Konten microsite harus secara khusus disesuaikan dengan audiens yang ditargetkan. Ini harus menarik, relevan, dan informatif untuk mendorong pengunjung untuk terlibat dengan microsite dan mengambil tindakan.

Call to Action (CTA) yang kuat

Microsite harus memiliki ajakan bertindak (CTA) yang jelas yang mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan yang diinginkan. Ini bisa berupa apa saja mulai dari mendaftar untuk buletin hingga melakukan pembelian.

Cara Membuat Microsite

Microsite mirip dengan situs web perusahaan. Namun, Anda akan membangunnya secara berbeda karena memiliki tujuan tunggal. Berikut adalah langkah-langkah untuk membangun microsite:

Tetapkan tujuan dan tentukan audiens anda

Sebelum memulai desain situs web Anda, Anda harus menetapkan tujuan dan menentukan audiens Anda. Ingat, microsites dibuat dengan tujuan tunggal dalam pikiran. Baik Anda mencoba menargetkan audiens tertentu atau mempromosikan lini produk tertentu, yang terbaik adalah menetapkan beberapa tujuan untuk menginformasikan desain.

Anda dapat menentukan audiens Anda berdasarkan riset pasar dan persona pelanggan untuk membantu Anda memahami siapa yang akan menggunakan microsite. Setelah Anda mendefinisikan audiens dengan jelas, Anda dapat menetapkan sasaran SMART. Misalnya, Anda dapat membuat tujuan untuk meningkatkan keterlibatan, penjualan, atau konversi.

Pilih domain microsite anda

Microsite Anda dapat berada di domain atau subdomain terpisah. Jika Anda ingin itu benar-benar jauh dari situs utama Anda, Anda harus memutuskan nama domain dan membelinya sebelum merancang microsite Anda.

Tentukan strategi pemasaran anda

Anda dapat membuat situs web menjadi indah, tetapi tidak akan melakukan tugasnya jika tidak ada yang melihatnya. Oleh karena itu, Anda harus menentukan strategi pemasaran Anda dan bagaimana mendapatkan pengunjung situs web ke microsite Anda. 

Anda harus memiliki strategi SEO untuk semua microsites untuk membantu Anda mendapatkan lalu lintas organik. Namun, tergantung pada tujuan Anda, Anda juga dapat memilih iklan berbayar di media sosial, mesin pencari, atau berbagai penyedia lainnya.

Baca Juga :   Apa Itu Niche, Cara Menentukan, Contoh & Tipsnya

Desain

Desain situs web Anda sangat penting karena dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda. Sebelum membuat prototipe Anda, pertimbangkan berapa banyak halaman yang Anda inginkan, navigasi, dan ajakan bertindak (CTA). Bergantung pada tujuan Anda, Anda dapat membuat situs web satu halaman atau situs multi-halaman yang berfokus pada satu lini produk.

Buat konten

Setelah Anda memiliki prototipe situs web dasar, Anda dapat membuat konten microsite berdasarkan kampanye Anda yang mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan. Misalnya, jika merek Anda memiliki identitasnya sendiri selain dari misi bisnis Anda, microsite Anda harus menggunakan nada suara yang sama dan menangani audiens target yang tepat. Anda dapat menggunakan berbagai konten tertulis dan visual untuk memastikan microsite Anda berhasil.

Luncurkan dan analisis hasilnya

Anda dapat meluncurkan microsite Anda dan menganalisis hasil Anda ketika selesai. Ingatlah untuk menyiapkan Google Analytics dan alat data situs web lainnya untuk memastikan Anda dapat melacak dan menganalisis berbagai jenis data dari situs mikro Anda. Setelah Anda mulai menganalisis data Anda, Anda dapat melakukan pengujian A / B untuk membuat perubahan yang tepat dan mencapai tujuan Anda.

Buatlah Microsite untuk Meningkatkan Kesuksesan Bisnis Anda!

Microsites dapat menjadi alat yang ampuh bagi bisnis untuk menciptakan pengalaman yang ditargetkan dan dipersonalisasi untuk audiens mereka. Mereka dapat meningkatkan peringkat mesin pencari, menawarkan cara hemat biaya untuk meluncurkan kampanye, dan memberikan pelacakan dan analitik yang lebih baik. Dengan membuat nama domain yang unik, desain bermerek, konten yang menarik, ajakan bertindak yang kuat, dan alat pelacakan dan analitik, microsites dapat efektif dalam mencapai tujuan bisnis tertentu.

Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet? 

Microsites adalah cara yang bagus untuk mempromosikan merek dan acara – terpisah dari merek / perusahaan induk mereka. Mereka menawarkan kebebasan besar untuk merancang ruang web mereka sesuai dengan karakteristik merek individu, tanpa batasan apa pun. Selain itu, bersama dengan kampanye iklan pencarian berbayar, microsites dapat menghasilkan arahan yang ditargetkan untuk bisnis Anda.

Terlepas dari itu,  Jika anda ingin memiliki website toko online tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!