vlogger

Apa Itu Vlogger: Definisi, Peran, dan Tips Memulai Karir

Dengan munculnya video, mungkin tampak seperti blogging semakin ketinggalan zaman (meskipun Anda masih dapat menghasilkan banyak uang dari blogging), dan vlogging adalah hal terbaik berikutnya, tetapi apa itu vlogging dan apa sebenarnya vlogger?

Apa Itu Vlogger?

Vlogger adalah singkatan dari “Video Blogger.” Istilah vlogger mengacu pada seseorang yang berbagi dan mencatat pendapat, pemikiran, dan pengalaman mereka. Tujuan mereka bisa untuk tujuan hiburan, pribadi, atau pendidikan. Karena kemajuan teknologi, vlogging langsung juga menjadi semakin populer.

Secara sederhana, vlogger adalah orang biasa yang kreatif dan membuat pengeditan, dan mengunggah video di platform media sosial, paling sering YouTube. Anda dapat menganggap vlogger sebagai seseorang yang memfilmkan kehidupan mereka daripada menulis tentang hal itu.

Beberapa vlogger memilih untuk membuat video harian tentang pengalaman dan aktivitas hidup mereka. Orang lain akan membuat video lebih jarang ketika mereka memiliki sesuatu yang khusus untuk dikatakan atau dibagikan dengan pengikut mereka.

Blog video adalah bentuk televisi online, yang semakin populer di situs. Jika vlogger menjadi sangat populer dan video mereka mendapatkan banyak penayangan, mereka dapat mencari nafkah dari vlog mereka, menjadikan vlogger sebagai profesi yang bonafide.

Peranan Seorang Vlogger

Vlogger, atau blogger video, memainkan beberapa peran, seperti membuat konten untuk menghibur atau memberi tahu pemirsa, berbagi pengalaman atau pengetahuan pribadi, dan sering berinteraksi dengan pemirsa melalui komentar dan masukan. Mereka dapat mempengaruhi tren dan opini, terutama di bidang-bidang seperti teknologi dan perangkat lunak di mana demonstrasi visual sangat membantu.

Baca Juga :   Google Public DNS: Pengertian, Manfaat dan Cara Menggunakannya

10+ Tips Memulai Karier Sebagai Vlogger

1. Pilih Platform Anda dengan Bijak

Hal pertama yang pertama, cari tahu di mana audiens Anda paling sering nongkrong. Apakah Instagram untuk visual yang menakjubkan itu, TikTok untuk klip cepat dan unik, atau mungkin LinkedIn untuk getaran yang lebih profesional? Pilih beberapa platform media sosial yang sesuai dengan gaya Anda dan fokuskan upaya Anda di sana.

2. Optimalkan Konten Anda 

Setelah memilih platform yang tepat, Anda harus memastikan bahwa konten vlog Anda dioptimalkan untuk masing-masing platform. Ini mungkin melibatkan penggunaan judul dan deskripsi deskriptif yang kaya kata kunci untuk vlog Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan thumbnail yang menarik secara visual yang menarik perhatian pemirsa dan memikat mereka untuk menonton video lengkapnya.

3. Bagikan Teaser

Sebelum menjatuhkan vlog, Anda harus membangun beberapa hype. Misalnya, Anda dapat berbagi cuplikan sekilas, bidikan di balik layar, atau cuplikan lucu untuk membuat orang bersemangat tentang vlog Anda yang akan datang.

4. Rangkul Kekuatan Cerita

Statistik mengungkapkan bahwa 58% orang mengatakan bahwa mereka menjadi lebih tertarik pada merek atau produk setelah melihatnya di Stories. Statistik ini menyoroti popularitas dan dampak besar Stories sebagai format konten.

Jadi, Anda harus menggunakan Instagram Stories, Facebook Stories, atau TikTok Stories untuk memberi audiens Anda mengintip kehidupan sehari-hari Anda, berbagi kilasan di balik layar, polling pengikut Anda untuk masukan tentang topik vlog Anda berikutnya, atau hanya bermain-main.

5. Aktif Terlibat dengan Audiens Anda

Setelah Anda mengunggah vlog, temukan waktu untuk secara aktif terlibat dengan audiens Anda di media sosial dengan menanggapi komentar, pesan, dan sebutan. Anda juga dapat mendorong diskusi, mengajukan pertanyaan, dan mencari umpan balik dari pengikut Anda untuk menumbuhkan rasa komunitas dan koneksi.

Baca Juga :   Google AMP: Definisi, Fungsi, & Cara Penggunaannya (Lengkap)

6. Berkolaborasi dengan Influencer

Anda harus mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan pembuat konten lain di niche Anda untuk mendapatkan kekuatan promosi yang serius. Baik itu sapaan, penampilan tamu di vlog satu sama lain, atau kolaborasi penuh, bekerja dengan orang lain dapat memperkenalkan konten Anda kepada pemirsa yang sama sekali baru.

7. Manfaatkan Hashtag dan Kata Kunci

Hashtag tidak hanya untuk dekorasi; Mereka adalah tiket Anda menuju penemuan. Jadi, Anda harus menggunakan tagar yang relevan untuk membantu vlog Anda ditemukan oleh orang-orang yang menelusuri konten seperti milik Anda.

Lakukan riset hashtag untuk menemukan yang sedang tren di niche Anda dan taburkan secara bebas di seluruh posting Anda. Atau, lebih baik lagi, gunakan alat pembuat hashtag gratis untuk menghasilkan hashtag khusus niche untuk konten vlog Anda.

8. Lakukan Live

Daripada menunggu untuk mengedit dan mengunggah rekaman itu nanti, mengapa tidak melakukan siaran langsung dan membawa pemirsa Anda bersama untuk perjalanan secara real-time? Faktanya, statistik mengungkapkan bahwa video langsung menghasilkan interaksi 6 kali lebih banyak daripada video biasa.

Jadi, pertimbangkan untuk menggunakan fitur Go Live untuk menyelenggarakan sesi Tanya Jawab, membagikan pembaruan langsung, atau memberi audiens Anda cuplikan vlog Anda berikutnya secara real-time. Video langsung akan menciptakan rasa urgensi dan kegembiraan yang akan mendorong pemirsa untuk melihat vlog Anda.

9. Berikan ajakan bertindak yang jelas

Anda tidak boleh membiarkan audiens Anda menggantung. Sebaliknya, beri mereka ajakan bertindak yang jelas. Baik Anda meminta mereka untuk menyukai, mengomentari, membagikan, atau subscribe ke channel Anda, permudah mereka untuk mengambil langkah berikutnya dan berinteraksi dengan konten Anda.

10. Buat Jadwal Posting

Konsistensi adalah kunci untuk menjaga keterlibatan dan visibilitas audiens. Jadi, jika Anda serius ingin menumbuhkan pemirsa vlog Anda dan membuat mereka tetap ketagihan, Anda harus membuat jadwal posting yang konsisten untuk mempromosikan konten vlog Anda di media sosial. Anda dapat menggunakan alat penjadwalan gratis untuk merencanakan dan mengatur posting media sosial Anda terlebih dahulu.

Baca Juga :   Penggunaan Data Analitik & Tantangan dalam Digital Marketing

11. Gunakan Visual untuk Meningkatkan Konten Anda

Memasukkan tips ini ke dalam strategi vlogging akan membantu Anda membuat konten menarik yang sesuai dengan pemirsa dan membuat mereka kembali lagi. Ingat, latihan membuat sempurna – jadi jangan takut untuk bereksperimen dengan teknik yang berbeda sampai Anda menemukan formula yang tepat untuk sukses.

Cara Menghasilkan Uang dari Vlog

Sekarang saatnya untuk menyelidiki cara memonetisasi vlog Anda dan mengubah antusiasme Anda menjadi usaha yang menguntungkan. Di bagian ini, kita akan membahas tiga metode populer untuk menghasilkan uang dari vlog Anda: iklan dan sponsor, pemasaran afiliasi, dan penjualan barang dagangan.

Iklan dan Sponsor

Cara paling umum untuk mendapatkan penghasilan dari vlog adalah melalui iklan dan sponsor. Anda dapat bermitra dengan merek atau perusahaan yang relevan dengan niche Anda dengan menampilkan produk atau layanan mereka di video Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan vlog yang berfokus pada teknologi, bermitra dengan Apple atau Samsung dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi adalah metode lain yang efektif untuk memonetisasi vlog Anda tanpa hanya mengandalkan pendapatan iklan. Dengan bergabung dengan program afiliasi seperti Amazon Associates atau Shopee Afiliator, Anda dapat memperoleh komisi untuk setiap penjualan yang dilakukan melalui tautan rujukan unik Anda. Untuk berhasil dalam pemasaran afiliasi, fokuslah untuk mempromosikan produk yang relevan dengan audiens Anda dan berikan nilai asli.

Menjual Barang Dagangan

Jika Anda telah membangun pengikut setia di sekitar vlog Anda, menjual barang dagangan adalah cara lain yang bagus untuk memonetisasinya. Anda dapat menghasilkan item yang dipersonalisasi, seperti t-shirt, topi, mug, dan lainnya dengan desain yang berhubungan dengan topik atau slogan vlog Anda. Platform seperti Teespring dan Printful memudahkan untuk merancang dan menjual barang dagangan tanpa harus khawatir tentang manajemen inventaris atau logistik pengiriman.

Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet?

Terlepas dari itu,  Jika anda ingin memiliki website toko online tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!