pengertian-landing-page

Apa Itu Landing Page? Pengertian, Manfaat dan Cara Membuat Landing Page

Sementara banyak landing page terlihat berbeda dan menggunakan berbagai strategi menarik untuk menarik audiens, semuanya melayani satu tujuan utama – untuk mengkonversi ke tahap berikutnya dalam perjalanan pembeli.

Alih-alih berfungsi sebagai iklan dasar yang menunjukkan produk kepada pelanggan, landing page bertujuan untuk melibatkan dan menyenangkan pelanggan dengan menawarkan sesuatu yang berhubungan dengan produk atau industri perusahaan. Ketika mereka mengisi formulir dan menerima hadiah konten yang menarik, mereka mungkin lebih cenderung mempercayai merek Anda dan menjadi pelanggan.

Pengertian Landing Page

Landing Page adalah halaman web mandiri tempat calon pengunjung dapat “land” atau mendarat ketika mereka mengklik link website pada email, iklan, atau lokasi digital lainnya. Setiap strategi konten harus mencakup penggunaan landing page untuk mengkonversi lebih banyak lalu lintas dan meningkatkan konversi.

Setelah pengguna berada di landing page anda, mereka didorong untuk mengambil tindakan, seperti bergabung dengan program atau membeli produk yang anda tawarkan. Jika pengguna mengambil tindakan spesifik yang diinginkan, maka landing page anda telah berhasil membuat mereka berkonversi.

Lalu apa bedanya dengan homepage atau beranda? Meskipun beranda situs web juga merupakan aset pemasaran yang penting, ada beberapa perbedaan antara home page atau beranda dengan landing page. 

Landing page menawarkan fokus yang lebih spesifik kepada audiens yang ditargetkan, biasanya hanya menggabungkan atau ajakan bertindak atau uCTA. Sebaliknya, home page memiliki fokus yang lebih luas dengan berbagai CTA.

Baca Juga :   10 Ukuran Feed Instagram untuk Berbagai Konten (Lengkap)

Selain itu, home page melayani audiens yang lebih luas dari pelanggan potensial pada berbagai tahap dalam perjalanan membeli. Namun, pengguna yang bertarget yang mengunjungi landing page anda sampai ke landing page website anda karena mereka tertarik dengan produk, layanan, atau acara tertentu yang anda promosikan.

Manfaat Menggunakan Landing Page

Landing page berbeda dari halaman lain di situs anda karena mereka fokus pada tujuan jangka pendek yang spesifik sehingga anda bisa mendapatkan hasil yang anda inginkan. Selain meningkatkan konversi, meningkatkan kampanye iklan berbayar, dan menghasilkan wawasan audiens baru, landing page memiliki sejumlah manfaat lain seperti:

Meningkatkan Kredibilitas

Pengguna biasanya menghargai pesan yang jelas dan sederhana yang menjelaskan nilai dari apa yang anda tawarkan. Landing page yang terencana dengan baik menunjukkan kepada pengguna bahwa anda memikirkan kenyamanan mereka. 

Landing page juga tempat dimana anda dapat memasukkan testimoni tentang produk atau layanan anda, yang merupakan elemen bukti sosial. Bukti sosial ini telah terbukti dapat meningkatkan konversi.

Menghasilkan Prospek

Landing page memungkinkan mereka untuk fokus pada tingkat konversi daripada informasi. Sebagai gantinya, anda dapat menyoroti fitur produk dan layanan anda dan menjual lebih banyak kepada audiens yang ditargetkan yang sudah tertarik dengan penawaran anda.

Meningkatkan lalu Lintas

Bahkan jika perolehan prospek bukan tujuan utama anda, anda masih dapat meningkatkan traffic atau lalu lintas situs web dengan landing page, meningkatkan kesadaran merek, dan memungkinkan calon pelanggan mempelajari lebih lanjut tentang bisnis anda.

Ketika landing page anda dioptimalkan untuk SEO, mereka dapat menargetkan lalu lintas organik lebih lanjut untuk meningkatkan potensi konversi.

Memahami Audiens Anda

Mempromosikan landing page memberi anda akses langsung ke data pelanggan yang terkait dengan penawaran spesifik tersebut, memberi anda wawasan tentang minat audiens anda dan dimana promosi anda paling berhasil. 

Baca Juga :   Apa itu Malware? Jenis dan Cara Mencegahnya

Cara Buat Landing Page dengan Mudah

Membuat landing page melibatkan beberapa langkah kunci untuk memastikannya efektif untuk tujuan anda. Berikut adalah cara membuat landing page dengan mudah:

  1. Tentukan tujuan anda. Sebelum anda melakukan hal yang lain, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan tujuan landing page anda. Apakah itu untuk mengumpulkan prospek, mempromosikan produk, atau sesuatu yang lain?. Apapun tujuannya, definisikan, rinci angka yang ingin anda tuju, dan tetapkan kerangka untuk waktu untuk mencapai tujuan ini.
  2. Pilih template. Pilih template yang sesuai dengan tujuan anda. Anda dapat menggunakan canva, atau website pembuatan landing page seperti Wix.
  3. Sesuaikan konten anda. Tambahkan dan sesuaikan konten anda, termasuk teks, gambar, dan elemen lain yang selaras dengan tujuan anda. Mulailah dengan judul yang menarik perhatian yang mendorong pembaca untuk ingin tahu lebih banyak. Kemudian, fokuslah untuk menyoroti manfaat yang terkait dengan penawaran Anda daripada fitur-fiturnya. Anda ingin audiens Anda memahami bagaimana produk, layanan, atau informasi Anda akan menyelesaikan masalah mereka.
  4. Sertakan call to action (CTA). Salah satu elemen landing page utama adalah ajakan bertindak Anda. Untuk mendorong konversi, yang terbaik adalah memiliki CTA yang jelas pada header yang Anda lihat sebelum menggulir ke bawah halaman. CTA anda harus jelas dan menarik, mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan yang diinginkan. CTA Anda bisa berupa tombol atau teks jangkar hyperlink, tetapi memastikannya terlihat sangat penting. Menyorotnya dengan warna aksen atau menggunakan elemen grafis seperti panah untuk menunjukkannya adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian ke CTA Anda.
  5. Uji dan optimalkan. Lihat preview landing page anda, kumpulkan masukan, dan lakukan penyesuaian. Terus uji berbagai elemen seperti penempatan CTA, warna dan konten untuk meningkatkan rasio konversi.
Baca Juga :   Template adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Contoh-Contoh Landing Page

Sekarang saatnya untuk menunjukkan bagaimana merek melakukan hal yang benar dengan landing page mereka. Semua elemen pada landing page ini dioptimalkan untuk konversi. 

Sweetkick

Judul landing page Sweekick menampilkan manfaat utama yang didapat pengguna dari menggunakan Sweetkick, “Starting your day has never felt better”. Sementara judul berfokus pada manfaat produk, sub judul memperkenalkan pengunjung pada apa yang dilakukan produk.

Sweetkick

Halaman ini juga mencakup banyak indikator kepercayaan, seperti testimonial pelanggan, daftar publikasi, dan video pengguna. Pengiriman gratis dan jaminan uang kembali bebas risiko 30 hari juga membujuk pengunjung untuk mengklik tombol CTA yang dipersonalisasi dan kontras.

Nettie

landing page Nettie juga mencakup semua elemen yang membuat landing page dengan konversi tinggi. Semua elemen yang ada pada landing page Nettie terkesan menyenangkan dengan tema retro dari judul hingga gambar.

nettie

Halaman ini juga mencakup kisah pendiri yang menunjukkan seberapa besar hasrat yang telah digunakan untuk menciptakan dayung. Bagan perbandingan antara dayung Nettie dan pesaing membantu pengunjung melihat mengapa mereka harus memilih dayung untuk mengalami semua kesenangan PickleBall.

Dollar Shave Club

Dollar Shave Club

Halaman Dollar Shave Club minimal dan langsung ke intinya. Ini memberitahu pengguna apa penawarannya, diskon yang mereka dapatkan, dan tombol CTA terang yang memberi mereka diskon 85%.

Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet?

Terlepas dari itu,  Jika anda ingin memiliki landing page atau website tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!