slug-adalah

Apa itu Slug? Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Salah satu elemen SEO paling penting yang paling sering diabaikan oleh situs web dan pemilik bisnis adalah slug. Slug adalah bagian dari URL yang mengidentifikasi halaman tertentu di website. Mengoptimalkan slug anda untuk Google sangat penting untuk membantu meningkatkan visibilitas situs web anda dalam hasil mesin pencari.

Artikel ini akan menjelaskan apa itu slug dan bagaimana anda dapat membuatnya dengan tips sesuai dengan pedoman SEO untuk menarik lebih banyak lalu lintas organik.

Apa Itu Slug?

Slug adalah bagian dari URL yang mengidentifikasi halaman tertentu di situs web dalam bentuk yang mudah dibaca manusia yang biasanya muncul setelah nama domain atau root address. Dengan kata lain, ini adalah bagian dari URL yang menjelaskan konten halaman. Sebagai contoh, untuk artikel ini memiliki URL https://nevaweb.id/blog/apa-itu-slug. Maka slug nya adalah “apa-itu-slug”.

Slug dirancang untuk menjadi deskriptif dan ringkas, memberikan pengguna dengan ide yang jelas tentang konten yang dapat mereka harapkan untuk menemukan halaman yang sesuai. Slug berfungsi sebagai pengidentifikasi yang mudah digunakan untuk posting blog tertentu di situs web. Tujuan dari slug adalah untuk meningkatkan keterbacaan alamat web, sehingga memudahkan pengguna untuk memahami dan mengingat.

Slug sering mengandung kata kunci yang relevan yang menggambarkan konten halaman, yang dapat memiliki manfaat untuk search engine optimization atau SEO. mesin pencari menggunakan slug ini sebagai sinyal untuk memahami konteks dan relevansi halaman web, sehingga berpotensi meningkatkan visibilitasnya dalam hasil pencarian.

Baca Juga :   Pengertian Lead Magnet Marketing dan Cara Membuatnya

Fungsi dari Slug pada Website

Relevansi dan Visibilitas Kata Kunci

URL slug menyediakan mesin pencari dan pengguna dengan informasi berharga tentang isi halaman web. Termasuk kata kunci yang relevan dalam URL, slug dapat membantu mesin pencari memahami konteks halaman dan meningkatkan visibilitasnya dalam hasil pencarian yang relevan.

Pengalaman Pengguna

slug URL yang jelas, ringkas, dan deskriptif memudahkan pengguna untuk memahami tentang apa itu halaman web sebelum mengkliknya di hasil pencarian. Ketika slug URL selaras dengan maksud pencarian pengguna, mereka lebih cenderung mengklik, menghasilkan metrik keterlibatan pengguna yang lebih baik, seperti rasio klik-tayang (RKT).

Kemudahan

slug URL yang mudah dibaca dan diingat dapat berkontribusi pada pengalaman pengguna yang positif. Kapan pengguna dapat menarik kembali atau memasukkan URL secara manual Berdasarkan slugnya, dapat meningkatkan lalu lintas langsung ke situs web dan meningkatkan pengenalan merek.

Tips membuat Slug sesuai aturan SEO

Gunakan Simbol “-”

Menggunakan tanda hubung di antara kata-kata dalam slug anda akan membantu memastikan bahwa slug anda bersih. URL tidak memperbolehkan adanya spasi di dalamnya, dan browser akan mengubah spasi yang anda gunakan menjadi karakter persentase.

Anda mungkin dapat memikirkan contoh URL yang anda lihat dengan “%15” atau sesuatu yang serupa dalam sebuah slug. Tanda hubung “-” di antara setiap kata akan membantu anda menghindari karakter yang tidak anda setujui dan dapat membantu pembaca memahami seiap kata yang ditemukan di URL anda.

Jaga Slug Tetap Pendek

Slug yang pendek dan jelas tidak hanya memudahkan pembaca untuk memahami konten apa yang dapat ditemukan di setiap halaman dan membantu mereka mengingat URL. mereka juga membantu mesin pencari untuk memahami konten. Para ahli merekomendasikan panjang slug yang ideal antara tiga dan lima kata. Pembaca dan mesin pencari merespons paling baik terhadap slug pendek. 

Baca Juga :   15+ Contoh Website Terbaik Perusahaan & Toko Online

Masukkan Kata Kunci Target

Kata kunci target anda harus ada di slug anda. Ini berlaku untuk posting blog dan setiap halaman yang anda miliki di website anda. Semua halaman web ini dapat memiliki kata kunci target yang dimasukkan ke dalamnya yang akan membantu meningkatkan SEO untuk hal-hal seperti produk, layanan, atau lokasi anda.

Cocokkan Slug dengan Headline

Jika anda memposting posting blog atau artikel, anda harus mencocokkan slug anda dengan judul konten anda. Tidak perlu sama persis, fokus saja pada kata kunci yang ingin anda targetkan. 

Misalkan, jika judul posting blog adalah “Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pemasaran Konten”, slug Anda bisa menjadi “segalanya-tentang-konten-pemasaran”. Slug itu jelas, pendek, memiliki kata kunci (“pemasaran konten”), dan menyesuaikan judul secara objektif.

Gunakan Huruf Kecil

Meskipun sebagian besar server web memperlakukan URL huruf kecil dan huruf besar sama, ini tidak berlaku dalam semua kasus. Secara teknis, segala sesuatu setelah nama domain dalam URL peka huruf besar/kecil, dan dengan demikian, beberapa server akan memperlakukannya secara berbeda.

Karena URL secara tradisional dalam huruf kecil, disarankan untuk menggunakan yang sama untuk membuatnya lebih sederhana.

Cara Membuat Slug yang Benar

Nah, tibalah kita pada bagian cara membuat sug yang benar. Sebenarnya, cara membuat slug yang benar tidak terlalu berbeda dengan tips membuat slug sesuai dengan pedoman SEO diatas. Karena seperti yang telah dijelaskan diatas, slug membantu dalam meningkatkan SEO. berikut ini adalah cara membuat slug terbaik:

  1. Jaga slug tetap pendek. Slug yang lebih pendek lebih mudah dibaca dan diingat. Bertujuan untuk kata kunci yang ringkas dan relevan yang secara akurat mewakili konten halaman Anda.
  2. Gunakan Tanda Hubung (Tanda Hubung): Pisahkan kata-kata dalam slug Anda dengan tanda hubung (misalnya, ). Best-practices-for-seo Hindari menggunakan spasi atau garis bawah, karena tanda hubung lebih ramah mesin pencari.
  3. Cocokkan slug dengan Judul: Idealnya, slug Anda harus mencerminkan judul utama atau topik halaman Anda. Konsistensi ini membantu pengguna dan mesin pencari memahami konten.
  4. Huruf Kecil: Selalu gunakan huruf kecil di slug Anda. Keseragaman membuat URL lebih mudah dibaca dan mencegah kebingungan.
  5. Hindari Tanggal atau Tahun: Kecuali itu penting untuk konteks (misalnya, peristiwa sejarah), hindari memasukkan tanggal atau tahun dalam slug Anda. Konten evergreen mendapat manfaat dari URL abadi.
Baca Juga :   10+ Dampak Negatif dan Positif Internet yang Perlu Kita Sadari

Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet?

Slug adalah bagian unik dari URL untuk setiap halaman web anda, dan harus dipilih dengan biak untuk memudahkan mesin pencari dan pengguna memahami konten halaman anda. Inat, bahwa URL halaman sangat penting untuk strategi pemasaran SEO secara keseluruhan, yang mengarah ke lebih banyak klik dan konversi organik. 

Saat membuat halaman atau posting baru, Anda harus meluangkan waktu untuk mengoptimalkan slug Anda dengan memasukkan kata kunci yang ingin Anda targetkan. Jaga agar slug Anda singkat dan deskriptif, gunakan tanda hubung sebagai pemisah kata dan gunakan hanya karakter huruf kecil.

Terlepas dari itu,  Jika anda ingin memiliki website profesional tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!

×