data analitik

Penggunaan Data Analitik & Tantangan dalam Digital Marketing

Analisis data dalam pemasaran digital membuat metodologi yang kuat. Upaya pemasaran digital berdasarkan data sering menghasilkan lebih banyak konversi melalui penjualan. Tapi apa itu analitik data, dan bagaimana pemasaran benar-benar mendapat manfaat darinya?

Pengertian Data dan Analitik dalam Digital Marketing

Data Analitik dalam digital marketing mengacu pada pengumpulan, pemrosesan, dan analisis  data yang diperoleh dari berbagai sumber daya digital dan sampai pada kesimpulan yang dapat membantu pengambilan keputusan yang objektif.

Praktik ini mendorong pendekatan berbasis data terhadap pemasaran untuk menghilangkan sumber bias, prasangka, atau kehilangan pelanggan potensial tertentu secara tidak sengaja. Dengan demikian, analisis data meningkatkan efisiensi dan efektivitas tujuan dan strategi pemasaran.

Pentingnya Data dan Analitik dalam Era Digital

Pentingnya analisis data dalam pemasaran digital berasal dari kemampuan untuk menentukan informasi yang seharusnya dilewatkan oleh pengamat. Pada intinya, analisis data adalah kemampuan untuk menemukan pola. Metode pemasaran digital saat ini memanfaatkan data besar – kumpulan besar informasi dari berbagai sumber. Analisis data memproses data ini untuk memberi perusahaan wawasan yang dapat ditindaklanjuti.

Baca Juga :   10 Contoh Website Organisasi Keren untuk Inspirasi Kamu

Target market adalah contoh bagaimana analitik menginformasikan pengambilan keputusan perusahaan. Dengan mengembangkan konten yang kaya dan informatif yang menarik bagi nilai-nilai inti dari kelompok konsumen sasarannya, bisnis dapat mulai membangun komunitas. Ketika setiap pengguna mengunjungi konten, perusahaan mengumpulkan informasi tentang pengguna. Kemudian dapat mengembangkan profil yang mencakup semua anggota komunitasnya, memungkinkannya untuk meningkatkan iklannya.

data analitik
Sumber: Envato

Pemanfaatan Data dalam Digital Marketing

Sumber Data yang Digunakan

Analisis pemasaran membantu mendapatkan bukti obyektif tentang popularitas suatu produk dan siapa yang lebih menyukainya sehingga Anda dapat menjangkau lebih banyak orang di audiens target ini.

Metode Pengumpulan Data

Anda dapat mengumpulkan data tentang umpan balik dan preferensi pengguna mengenai strategi pemasaran dan produk dan memodifikasi pendekatan Anda untuk merampingkan pengalaman pengguna.

Tools Analitik yang Umum Digunakan

Dengan memanfaatkan tools yang tepat, Anda dapat secara efektif melacak perilaku pengguna, mengidentifikasi area perbaikan, dan mengoptimalkan strategi pemasaran Anda.

  1. Google Analytics. Layanan analisis web gratis yang memungkinkan Anda melacak dan menganalisis perilaku pengguna di situs web Anda. Melacak berbagai metrik seperti tampilan halaman, rasio pentalan, waktu di situs, dan rasio konversi. Memungkinkan Anda menetapkan sasaran dan melacak perilaku pengguna menuju sasaran tersebut.
  2. SEMrush. Alat pemasaran digital komprehensif yang memungkinkan Anda melacak kinerja situs web Anda, menganalisis pesaing Anda, dan mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari.
  3. Moz. Alat SEO populer yang memberikan wawasan dan rekomendasi untuk meningkatkan peringkat mesin pencari situs web Anda. Fitur unik adalah metrik Otoritas Domainnya, yang mengukur kekuatan dan otoritas situs web Anda dibandingkan dengan yang lain di industri Anda.

Teknik dan Metode Analisis Data

Analisis pemasaran menggunakan model yang berbeda tergantung pada jenis data yang akan dianalisis dan metrik yang akan dihitung. Mari kita lihat beberapa model populer yang dapat Anda gunakan.

  1. Model deskriptif: Mereka menggunakan data dari kampanye sebelumnya dan menganalisisnya untuk merumuskan keputusan pemasaran di masa depan. Teknik analisis statistik diterapkan untuk mengekstrak nilai-nilai seperti standar deviasi, mean, korelasi, dan distribusi. Model-model ini membantu mengidentifikasi tren dan pola dan memahami peristiwa terkini.
  2. Model preskriptif: Model preskriptif digunakan ketika Anda ingin tahu bagaimana melanjutkan dengan hasil yang Anda dapatkan. Mereka memproses data menggunakan algoritma yang kompleks dan menghasilkan rekomendasi berdasarkan hasil. Anda dapat memilih model ini ketika datanya terlalu luas, dan metriknya mungkin perlu disederhanakan untuk dipahami.
  3. Model prediktif: Model prediktif sesuai dengan namanya, artinya membantu memprediksi masa depan berdasarkan data sebelumnya dan saat ini. Anda dapat menggunakan model ini untuk mengetahui bagaimana tren penjualan tertentu akan berlanjut dalam lima tahun ke depan atau bagaimana audiens untuk acara tertentu dapat meningkat di tahun mendatang. Biasanya, model mengidentifikasi tren dan kemudian mengekstrapolasi data untuk periode tertentu untuk sampai pada nilai yang dapat membantu merencanakan tindakan di masa depan.
Baca Juga :   Cara Membuat Website Edukasi dengan LMS Wordpress

Penerapan Hasil Analisis

Gunakan analitik untuk mengidentifikasi kampanye yang berkinerja baik dan mendorong konversi. Anda kemudian dapat mengalokasikan lebih banyak sumber daya ke kampanye ini untuk meningkatkan dampak dan ROI-nya.

Misalnya, jika Anda menjalankan kampanye Iklan Facebook dan melihat bahwa satu set iklan memiliki rasio konversi yang jauh lebih tinggi daripada yang lain, Anda dapat meningkatkan anggaran untuk set iklan tersebut untuk mendorong lebih banyak konversi.

data analitik
Sumber: Envato

Tantangan dan Solusi dalam Penggunaan Data dan Analitik

Kompleksitas Data

Data yang dihasilkan dari berbagai platform bisa sangat banyak dan kompleks, membuat analisis menjadi sulit. Memberikan pelatihan kepada tim tentang cara menggunakan alat analitik dan memahami data dapat meningkatkan efektivitas analisis.

Privasi dan Keamanan Data

Keamanan dan Privasi: Mengelola data pelanggan dengan aman dan mematuhi regulasi privasi bisa menjadi tantangan besar. Solusinya adalah dengan fokus pada keamanan data. Mengimplementasikan kebijakan keamanan data yang ketat dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi privasi.

Teknologi dan Alat Pendukung

Penggunaan Alat Analitik yang Tepat. Menggunakan alat seperti Google Analytics, SEMrush, atau Ahrefs dapat membantu menyederhanakan analisis data dan memberikan wawasan yang lebih jelas

Masa Depan Data dan Analitik dalam Digital Marketing

Tren dan Prediksi Masa Depan

Analisis pemasaran membantu memprediksi kemungkinan angka penjualan untuk periode tertentu. Ini membantu merencanakan produksi produk dan layanan tertentu. Misalnya, diperkirakan penjualan balon merah dan biru akan meningkat dengan persentase tertentu sekitar 4 Juli di tahun depan. Dalam hal ini, produksi balon dapat direncanakan sesuai untuk memastikan stok yang cukup.

Peran AI dan Machine Learning

AI dan ML membentuk kemajuan paling mutakhir yang dapat ditawarkan teknologi kepada dunia. Di bidang pemasaran, ada dorongan untuk meningkatkan otomatisasi dengan memasukkan algoritma ML yang mengoreksi diri. Selain itu, mesin AI telah dikembangkan untuk mengelola klasifikasi dan penyimpanan data. Beberapa inovasi ini mungkin gagal membuat dampak yang diharapkan, seperti yang sering terjadi dengan teknologi eksperimental. Namun, banyak dari mereka akan bertahan dan menemukan jalan mereka ke dalam sistem sebagai alat yang berguna.

Baca Juga :   Apa itu Microsite? Pengertian, Contoh dan Cara Membuatnya

Strategi untuk Menghadapi Perubahan di Masa Depan

Akhirnya, penting untuk tetap up-to-date dengan tren dan teknologi terbaru dalam analisis pemasaran digital. Berlangganan publikasi industri, hadiri webinar, dan ikuti kursus untuk terus memperluas pengetahuan dan keterampilan Anda.

Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet? 

Terlepas dari itu,  Jika anda ingin memiliki website toko online tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!