Konten Marketing

Konten Marketing: Pengertian, Strategi & Cara Mengukur Keberhasilan Konten

Konten marketing adalah salah satu bentuk pemasaran paling efektif yang tersedia untuk bisnis, tetapi pada tahun 2024, bisnis perlu memastikan upaya konten marketing mereka masih kompetitif. Tantangannya adalah sulit untuk mengetahui apa yang ada di tahun 2024 untuk lanskap konten marketing yang selalu berubah. Profesional pemasaran dan pemilik bisnis perlu mengevaluasi upaya pemasaran konten mereka untuk memastikan mereka menciptakan campuran konten yang tepat yang sesuai dengan prospek.

Bisnis dapat memperoleh lebih banyak pengaruh dari upaya pemasaran konten mereka dengan memahami manfaat pemasaran konten, jenis pemasaran konten paling populer untuk tahun ini, dan kiat yang dapat ditindaklanjuti untuk melakukan pemasaran konten yang lebih baik tahun ini. Dalam artikel kali ini, Anda akan mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang pemasaran konten sehingga Anda dapat mengevaluasi bidang kesuksesan Anda dan mengidentifikasi peluang untuk peningkatan.

Pengertian Konten Marketing di Era Digital

konten marketing adalah strategi dan proses bisnis yang menggunakan aset digital yang berharga dan relevan seperti teks, gambar, dan video untuk menarik dan mempertahankan audiens yang jelas. Ini adalah jenis inbound marketing strategy yang memberikan nilai kepada audiens bisnis melalui konten yang menghibur, mendidik, atau informatif.

konten marketing hadir dalam empat bentuk dasar yakni tertulis, audio, video, dan gambar.  Sebagian besar bisnis menggunakan beberapa bentuk konten untuk terlibat dengan audiens mereka di seluruh platform seperti media sosial, situs web, dan iklan.

Baca Juga :   Strategi Promosi dengan Iklan Media Sosial supaya Maksimal

Bentuk pemasaran ini menempatkan pelanggan di jantung pesan merek. Alih-alih mengirim spam kepada pelanggan dengan pesan yang sarat iklan, konten marketing memberi mereka konten yang berharga dan melibatkan mereka sepanjang perjalanan pelanggan.

Ini melampaui mendorong produk ke pelanggan potensial, alih-alih menempatkan informasi yang relevan di luar sana dan mengikuti pelanggan dari fase kesadaran ke fase keputusan. konten marketing termasuk menyajikan konten seperti panduan cara atau iklan berbasis cerita yang memberikan manfaat nyata bagi konsumen.

Mengapa Konten Marketing Penting?

Dunia sedang bertransisi ke titik di mana pelanggan bosan diberi makan iklan. Konsumen dibanjiri dengan informasi ke titik di mana semuanya menjadi kebisingan. Pemasaran konten membantu bisnis mengatasi kebisingan dengan mempromosikan penawaran mereka secara halus melalui konten yang bermanfaat dan berkualitas tinggi.

Memahami Audiens Anda

Perusahaan perlu memastikan mereka memahami audiens mereka dan tahu bagaimana terlibat dengan mereka. Segmentasi pelanggan memungkinkan perusahaan untuk membangun pandangan rinci tentang pelanggan mereka dengan persona pembeli. Persona ini tidak hanya membantu perusahaan memahami pelanggannya tetapi juga mengidentifikasi jenis konten yang paling sesuai dengan segmen pelanggan yang berbeda. Dengan mengaktifkan dan bertindak berdasarkan persona ini, perusahaan dapat berhasil berkomunikasi dengan audiensnya, membangun kepercayaan, dan menemukan pelanggan baru.

Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan

Hanya sedikit orang yang siap membeli sesuatu ketika mereka pertama kali belajar tentang bisnis Anda. konten marketing memungkinkan untuk membangun hubungan dan memperdalam kepercayaan dengan audiens Anda, yang dapat mendorong mereka untuk akhirnya berkonversi.

Meningkatkan Hasil Pencarian dan Peringkat di Mesin Pencari

Semakin banyak orang tahu tentang bisnis Anda, lebih banyak orang akan mengunjungi situs web Anda. Traffic yang lebih besar pasti akan menghasilkan lebih banyak uang untuk Anda, jadi itu bagus untuk Anda. Selain itu, strategi konten marketing melalui website atau blog akan meningkatkan peringkat Anda di Google dalam hal SEO.

Baca Juga :   Aplikasi Berbasis Web: Definisi, Jenis, Manfaat, & Contohnya

Strategi Membuat Konten yang Menarik

Penentuan Topik yang Relevan

Perusahaan perlu memastikan mereka memahami audiens mereka dan tahu bagaimana terlibat dengan mereka. Segmentasi pelanggan memungkinkan perusahaan untuk membangun pandangan rinci tentang pelanggan mereka dengan persona pembeli. 

Persona ini tidak hanya membantu perusahaan memahami pelanggannya tetapi juga mengidentifikasi jenis konten yang paling sesuai dengan segmen pelanggan yang berbeda. Dengan mengaktifkan dan bertindak berdasarkan persona ini, perusahaan dapat berhasil berkomunikasi dengan audiensnya, membangun kepercayaan, dan menemukan pelanggan baru.

Pembuatan Konten yang Berbeda atau Unik

Ketika merek bekerja sama dengan merek lain yang tidak selinier, ini dikenal sebagai cross promotion. Dengan menerapkan elemen ini, merek dapat mencapai target pasar internal serta target pasar dari merek yang bekerja sama.

Aerostreet telah lama menerapkan penerapan ini, yang dapat menjadi ciri khas merek. Ia bekerja sama dengan merek yang sangat berbeda dari dirinya sendiri, seperti air mineral, biskuit, dan influencer.

Pemanfaatan Visual dan Multimedia

Untuk membuat konten lebih menarik dan mudah dipahami oleh audiens, gunakan variasi format konten seperti infografis, video, atau podcast. Ini bertujuan agar audiens tidak bosan dengan konten Anda dan membuatnya terlihat tidak monoton. Ikuti tips berikut untuk membuat konten yang lebih baik:

  • Buat konten yang jelas dan ditulis dengan baik yang tidak menggunakan jargon.
  • Berikan nilai kepada audiens Anda, baik dalam bentuk tip yang dapat ditindaklanjuti, diskon, atau informasi orang dalam.
  • Buat konten yang berbeda untuk pelanggan di berbagai tahap corong.
  • Pastikan konten Anda berfungsi dengan saluran yang Anda gunakan. Anda dapat menggunakan kembali ide yang sama di blog untuk media sosial, tetapi Anda mungkin harus menyesuaikannya untuk berkomunikasi lebih baik dengan pengguna di platform yang berbeda.
Baca Juga :   Format Gambar AVIF vs WebP, Mana yang Terbaik untuk Website?

Mengukur Keberhasilan Konten

Metode Pengukuran

Mengetahui di mana letak prioritas perusahaan Anda sangat penting untuk menentukan tujuan mana yang harus diukur. Anda juga perlu mengetahui metrik mana yang harus dilacak sebagai bukti dampak konten Anda. Untuk memberi Anda gambaran tentang beberapa metrik berharga untuk mengukur kinerja terhadap sasaran konten marketing yang paling umum, Wakil Presiden Pemasaran CMI Cathy McPhillips membuat bagan bermanfaat ini:

Konten Marketing

Cara lain untuk mendekati pelacakan data kinerja adalah dengan mempertimbangkan indikator kinerja utama (KPI) yang paling umum untuk setiap jenis konten (misalnya, buletin email, artikel blog / situs web, posting media sosial, dan video). Daftar ini menguraikan beberapa poin data paling informatif untuk menganalisis kinerja berbagai jenis konten:

Konten Marketing

Analisis dan Evaluasi

Pastikan Anda secara teratur duduk bersama tim pemasaran Anda untuk meninjau bagaimana upaya konten marketing Anda menumpuk terhadap target KPI Anda. Menganalisis dan mengukur kinerja Anda dapat membantu Anda memahami bagian mana yang berkinerja lebih baik, yang pada akhirnya dapat membantu Anda membuat konten yang lebih kuat. Ini juga memungkinkan pemasar untuk mengalihkan anggaran mereka ke jenis konten yang lebih sukses dan jauh dari proyek yang berkinerja buruk.

Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet? 

Terlepas dari itu,  Jika anda ingin memiliki website toko online tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!