Mobile Marketing

Mobile Marketing: Pengertian, Strategi & Tantangan di Era Digital

Pemilik bisnis selalu mencari cara untuk memasarkan barang dan jasa mereka. Cara efektif untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan mobile marketing yang menargetkan orang-orang saat bepergian. Artikel ini akan menyelam lebih dalam ke apa itu mobile marketing, mengapa itu penting dan mengapa Anda mungkin ingin menggunakannya.

Apa itu mobile marketing dan Mengapa ini Relevan di Zaman Sekarang

Mobile marketing adalah strategi digital marketing yang bertujuan menjangkau target audiens di smartphone dan tablet mereka, melalui website, email, media sosial, dan aplikasi. Itu memanfaatkan fitur teknologi seluler modern, termasuk layanan lokasi, untuk menyesuaikan kampanye pemasaran berdasarkan lokasi individu.

mobile marketing adalah cara di mana teknologi dapat digunakan untuk membuat promosi barang atau jasa yang dipersonalisasi kepada pengguna yang terus-menerus terhubung ke jaringan.

Mengapa Mobile Marketing Penting?

Perkembangan Penggunaan Smartphone

Mobile marketing adalah salah satu bentuk pemasaran terpenting di dunia yang digerakkan oleh teknologi saat ini. Ini memungkinkan bisnis untuk menargetkan konsumen berdasarkan lokasi mereka, minat mereka, atau pengidentifikasi demografis lainnya. Mobile marketing telah membuat iklan kepada audiens lebih mudah diakses oleh perusahaan yang tidak mampu membayar biaya tinggi dari iklan tradisional. 

Bisnis kecil dapat mengidentifikasi pasar dan beriklan secara khusus kepada mereka semua dengan anggaran kecil. Ini juga memiliki manfaat konsumen yang kuat karena orang mendapatkan iklan bertarget yang selaras dengan keinginan dan kebutuhan mereka. mobile marketing telah menjadi salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan produk atau layanan ke tangan konsumen.

Baca Juga :   10 Cara Promosi Produk Menggunakan Website yang Efektif

Keuntungan Mobile Marketing

  1. Hemat Biaya. Mobile marketing tidak mahal untuk dibuat dibandingkan dengan televisi tradisional dan opsi cetak. Kampanye iklan dapat disesuaikan agar sesuai dengan hampir semua anggaran pemasaran.
  2. Penargetan berbasis lokasi: Mobile marketing menggunakan lokasi perangkat seluler untuk mengirim iklan yang sesuai kepada konsumen berdasarkan lokasi mereka pada saat tampilan iklan.
  3. Pesan instan: Tidak ada penundaan dengan mobile marketing. Pesan dikirim dan dilihat langsung secara real time. Anda tidak perlu menunggu untuk melihat apakah orang akan mendapatkan iklan; itu otomatis.
  4. Segmentasi yang lebih baik: mobile marketing memungkinkan Anda menyesuaikan pesan dengan kebutuhan target pasar Anda, menjadikannya alat yang lebih efektif.
  5. Terintegrasi dengan media sosial: mobile marketing memungkinkan perusahaan menjangkau pengguna saat mereka menelusuri akun media sosial mereka.
mobile marketing
Sumber: Envato

Strategi Efektif dalam Mobile Marketing

Mobile-Friendly Website

Mobile friendly website menjadi salah satu strategi yang harus anda miliki. Situs-situs ini dioptimalkan untuk dilihat di mobile device, yang memastikan pengalaman menjelajah yang menyenangkan bagi pengguna saat bepergian.

Penggunaan Aplikasi Mobile

Membuat aplikasi mobile yang menyediakan saluran langsung untuk berinteraksi dengan pelanggan. Aplikasi dapat menawarkan layanan, program loyalitas, atau konten unik yang melibatkan pengguna dan membangun loyalitas merek.

Mobile Advertising

Ini sering terlihat dalam game yang diunduh konsumen ke ponsel atau tablet mereka untuk dimainkan. Iklan ditampilkan pada berbagai interval selama permainan atau sebagai spanduk di bagian atas atau bawah. Mobile advertising bergantung pada jaringan iklan untuk menjalankan iklan. Saat aplikasi menunjukkan bahwa sudah waktunya iklan muncul, permintaan dikirim ke bursa iklan untuk mencari dan memilih iklan. Pertukaran iklan menggunakan data pengguna untuk memberikan iklan yang paling pas kepada konsumen.

Baca Juga :   Apa itu Drupal? Definisi, Keunggulan, & Cara Instalnya (Lengkap)

SMS dan Push Notifications

SMS melibatkan pengiriman kampanye promosi atau pesan transaksional untuk tujuan pemasaran menggunakan pesan teks. Sedangkan push notification adalah pesan yang dikirim dari aplikasi mobile device pengguna. Iklan tersebut dapat digunakan untuk mempromosikan penjualan, pembaruan, atau notifikasi lainya untuk melibatkan pengguna meskipun mereka tidak menggunakan aplikasi anda secara aktif.

Tantangan dan Solusi dalam Mobile Marketing

Masalah Privasi dan Keamanan Data

Kekhawatiran tentang kebocoran data dan privasi pengguna dapat menghambat efektivitas kampanye. Mengimplementasikan langkah-langkah keamanan yang ketat untuk melindungi data pengguna dan membangun kepercayaan.

Persaingan yang Ketat

Banyak bisnis yang menggunakan mobile marketing, sehingga persaingan untuk menarik perhatian konsumen sangat tinggi. Menonjolkan keunikan dan keunggulan produk atau layanan dapat membantu membedakan bisnis Anda dari kompetitor.

Adaptasi Teknologi Baru

Platform seperti Google dan media sosial sering mengubah algoritma mereka, yang dapat mempengaruhi visibilitas konten. Pemahaman Algoritma: Selalu mengikuti perkembangan terbaru dan beradaptasi dengan perubahan algoritma untuk menjaga visibilitas konten.

Mobile Marketing
Sumber: Envato

Masa Depan Mobile Marketing

Tren yang Diprediksi

Mobile marketing terus berkembang dan menawarkan peluang baru dan menarik bagi merek untuk menjangkau audiens mereka. Berikut adalah lima tren mobile marketing yang harus anda perhatikan:

  1. Retensi pengguna sebagai prioritas. Dengan meningkatnya biaya akuisisi pelanggan dan anggaran pemasaran yang lebih ketat, merek lebih fokus pada mempertahankan pengguna. Menciptakan pengalaman pengguna yang menarik dan meminimalkan churn sangat penting untuk mempertahankan basis pengguna yang sehat dan pertumbuhan pendapatan yang stabil.
  2. Pengoptimalan mobile marketing. Jika Anda memiliki aplikasi, mengoptimalkan kehadiran aplikasi Anda melalui App Store Optimization (ASO) adalah suatu keharusan.
  3. Augmented Reality (AR) untuk pengalaman belanja yang lebih baik. Teknologi AR diatur untuk membuat belanja lebih interaktif dengan memadukan dunia digital dan fisik. Ini dapat berkisar dari uji coba virtual hingga memvisualisasikan produk dalam pengaturan dunia nyata. Yang paling penting adalah menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih menarik dan informatif kepada pelanggan.
  4. Gamification untuk meningkatkan keterlibatan. Gamification, atau menerapkan elemen seperti game dalam strategi mobile marketing dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan pengguna.
  5. Influencer marketing. Berkolaborasi dengan influencer yang memiliki kehadiran kuat di platform mobile-first seperti Instagram, TikTok, dan YouTube dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan lebih terlibat. Konten yang dibuat oleh influencer seringkali lebih relevan dan dapat menyebabkan tingkat keterlibatan dan konversi yang lebih tinggi.
Baca Juga :   Niche Konten: Pengertian, Manfaat, Cara Menentukan, dan Contohnya

Investasi di Mobile Marketing

Kita hidup di dunia mobile-first di mana semakin banyak bisnis beralih ke pemasaran mobile untuk terlibat dengan pelanggan yang sudah ada dan menjangkau khalayak yang lebih luas. Dan tidak mengherankan — mobile marketing menawarkan beberapa keuntungan utama untuk pemasaran digital tradisional, terutama ketika datang untuk menjangkau konsumen yang lebih muda seperti milenium dan gen z.

Mobile marketing juga bisa lebih efektif daripada kampanye digital tradisional di negara-negara yang lebih mengandalkan ponsel daripada komputer untuk akses internet. Jika Anda mencari cara untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan mengembangkan bisnis Anda, mobile marketing patut dipertimbangkan.

Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet? 

Usaha kecil dapat memperoleh manfaat dari menggunakan mobile marketing untuk mengiklankan produk dan layanan mereka. Jenis pemasaran ini menargetkan demografi tertentu menggunakan smartphone atau perangkat lain. Sebuah bisnis dapat membuat kampanye iklan dengan anggaran kecil, membuat pemasaran lebih mudah diakses oleh lebih banyak bisnis.

Terlepas dari itu,  Jika anda ingin memiliki website toko online tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!