Digital Transformation: Definisi, Tipe Framework, & Manfaatnya

Dalam era teknologi yang berkembang pesat ini, digital transformation atau transformasi digital adalah hal yang sering kali terdengar di berbagai industri. Bahkan, data menunjukan bahwa pengeluaran budget perusahaan-perusahaan dunia secara global khususnya di bidang transformasi digital diperkirakan melampaui 2,1 triliun pada tahun 2022! Tentu saja, hal ini menunjukan betapa pentingnya transformasi digital bagi perkembangan bisnis […]

Digital Transformation: Definisi, Tipe Framework, & Manfaatnya Read More »

Growth Hacking

Growth Hacking: Definisi, Contoh, & Funnel Strateginya

Jika kamu pernah berkecimpung di dunia marketing dan startup, kamu pasti sudah sering mendengar istilah growth hacking. Sederhananya, growth hacking adalah serangkaian strategi yang berfokus pada pertumbuhan cepat dan signifikan untuk kesuksesan sebuah bisnis atau produk.  Di era digital marketing yang semakin mendominasi, strategi ini tentu saja sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan, terlebih dalam sektor

Growth Hacking: Definisi, Contoh, & Funnel Strateginya Read More »

Augmented Reality (AR): Definisi, Jenis, & Contohnya (Lengkap)

Augmented Reality (AR) mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital.  Bagaimana tidak, teknologi ini seolah mampu mengajak manusia menyaksikan betapa megahnya dunia digital yang tergambar dalam situasi realistis dan nyata! Tak hanya itu, teknologi ini juga membawa banyak sekali manfaat dalam berbagai sektor bisnis! Dari industri pendidikan hingga ritel, AR membawa lapisan informasi digital ke

Augmented Reality (AR): Definisi, Jenis, & Contohnya (Lengkap) Read More »

big data

Apa itu Big Data? Definisi, Contoh, & Karakteristiknya (Lengkap)

Big data adalah istilah yang mungkin sering kamu dengar belakangan ini, terutama di era digital yang semakin canggih. Tapi, apa sih sebenarnya data besar? Dan kenapa penting untuk kamu pahami? Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang apa itu big data, mulai dari pengertian, manfaat, hingga penerapannya dalam berbagai aspek kehidupan. Apa itu Big Data?

Apa itu Big Data? Definisi, Contoh, & Karakteristiknya (Lengkap) Read More »

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing: Definisi, Cara Kerja, & Tips Menjalankannya

Affiliate marketing atau pemasaran afiliasi mungkin sudah sering kamu dengar, terutama jika kamu aktif dalam dunia digital marketing atau e-commerce. Konsep ini sebenarnya bukan hal yang baru, bahkan terus berkembang dan menjadi salah satu cara efektif untuk menghasilkan uang dari internet.  Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu affiliate marketing, keunggulan yang ditawarkannya, serta

Affiliate Marketing: Definisi, Cara Kerja, & Tips Menjalankannya Read More »

chatbot

Pahami Apa itu Chatbot dalam Dunia Bisnis Digital!

Di dunia digital, pelanggan mengharapkan bisnis tersedia 24/7. Dan chatbot menyediakan cara yang mudah dan murah untuk melakukannya dengan menambahkan fitur obrolan langsung otomatis ke situs web Anda yang dapat berinteraksi dengan pengunjung untuk mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan saat mereka membutuhkannya.  Chatbot tidak hanya dapat membantu mengurangi ketegangan dukungan pelanggan, tetapi bisnis yang cerdas

Pahami Apa itu Chatbot dalam Dunia Bisnis Digital! Read More »

customer journey

Customer Journey: Pengertian, Tahapan & Cara Menganalisisnya

Bisnis perlu memahami pelanggan mereka untuk meningkatkan keterlibatan, penjualan, dan retensi. Tetapi membangun pemahaman dengan pelanggan Anda tidaklah mudah. Customer journey adalah jalan yang diambil seseorang untuk berkonversi, tetapi perjalanan ini tidak selalu jelas bagi pemilik bisnis. Memahami setiap langkah perjalanan itu adalah kunci kesuksesan bisnis. Setelah membaca artikel ini, Anda akan memahami perjalanan pelanggan

Customer Journey: Pengertian, Tahapan & Cara Menganalisisnya Read More »

Influencer Marketing

10+ Cara Memulai Digital Marketing bagi Pemula dan Tipsnya

Pemasaran digital adalah salah satu cara paling populer dan ampuh untuk menghasilkan kesadaran, minat, dan penjualan untuk produk atau layanan Anda. Sesuai dengan namanya, pemasaran digital dilakukan melalui jalan digital, termasuk media sosial, situs web, mesin pencari, email, dan pesan teks. Untuk hasil yang optimal, Anda harus memahami taktik pemasaran digital mana yang paling cocok

10+ Cara Memulai Digital Marketing bagi Pemula dan Tipsnya Read More »

local seo

Local SEO: Pengertian, Strategi & Langkah Awal untuk Memulai

Sebuah situs web memungkinkan Anda untuk menargetkan seluruh dunia (online). local SEO, sebaliknya, difokuskan pada peringkat yang lebih tinggi di area lokal Anda. Apalagi sekarang, ketika orang mencoba menghubungi Anda lebih sering secara online daripada offline, ada baiknya berinvestasi di dalamnya. Ditemukan online oleh audiens lokal Anda sangat meningkatkan peluang bisnis Anda untuk bertahan hidup.

Local SEO: Pengertian, Strategi & Langkah Awal untuk Memulai Read More »

engagement media sosial

Strategi Meningkatkan Engagement Media Sosial untuk Bisnis

Pengertian Engagement di Media Sosial Engagement media sosial adalah cara  melacak interaksi di platform sosial, seperti suka, bagikan, simpan, komentar, dan metrik keterlibatan lainnya. Bayangkan skenario ini: Anda menggulir umpan Instagram Anda dan menemukan resep yang Anda sukai. Tentu saja, Anda mengetuk dua kali, membagikannya di cerita Anda, menyimpannya sehingga Anda dapat memeriksanya nanti, dan

Strategi Meningkatkan Engagement Media Sosial untuk Bisnis Read More »