ukuran website

Rekomendasi Panduan Ukuran Website & Gambarnya (Lengkap!)

Mendesain situs web yang indah dengan memilih gambar dan ukuran yang tepat harus selalu menjadi prioritas utama Anda. Tidak dapat disangkal bahwa pengunjung cenderung lebih tertarik pada produk dan layanan merek dengan website yang menarik.

Ini berarti pengembang situs web harus merancang situs web yang ditampilkan pada banyak ukuran layar di seluruh dunia. Dengan kata lain, mereka membutuhkan desain responsif. Tetapi seperti yang diketahui setiap desainer, mengeksekusi desain responsif harus dimulai dengan mengetahui ukuran layar mana yang akan dirancang. Artikel ini membahas pertanyaan ini dan membahas ukuran layar ideal dan resolusi layar umum untuk desain responsif.

Apa Saja Ukuran Website?

Berikut adalah dimensi halaman web standar yang berbeda pada perangkat yang berbeda:

Ukuran Website Desktop

Dimensi lebar maksimum halaman web standar untuk layar desktop adalah 1440 piksel. Ini adalah praktik umum yang membatasi dimensi lebar maksimum untuk situs Anda. Dengan cara ini halaman akan tetap terlihat bagus bahkan pada monitor lebar atau super lebar. Jika Anda ingin situs web Anda terlihat bagus di semua jenis perangkat, maka penting bagi Anda untuk mematuhi standar ini.

Ukuran Website Mobile

Dimensi viewport yang paling umum digunakan di ponsel adalah 360×800 piksel. Namun, sebagian besar situs web menggunakan tata letak yang fleksibel dan akan dapat beradaptasi dengan resolusi yang berbeda. Anda juga harus memastikan bahwa teks apa pun cukup besar untuk dapat dibaca di layar dengan resolusi lebih rendah dari lebar 360px.

Baca Juga :   10+ Faktor Kegagalan Wirausaha dan Cara Antisipasi

Ukuran Landing Page

Disarankan untuk tetap menggunakan ukuran lebar antara 940 – 960 piksel untuk landing page desktop Anda. Rentang ukuran ini telah terbukti berfungsi untuk sebagian besar ukuran layar dan akan memastikan bahwa halaman arahan Anda mudah dilihat oleh audiens target Anda.

Untuk desain seluler, sangat penting untuk memiliki halaman arahan yang dioptimalkan untuk ukuran layar yang lebih kecil. Halaman landing desktop yang besar mungkin tidak ditampilkan dengan benar di perangkat seluler, dengan konten yang meluap ke samping atau menjadi terlalu kecil untuk dibaca. Sebagian besar perangkat seluler memiliki layar “kecil” yang termasuk dalam rentang lebar resolusi aman 320 piksel, jadi disarankan untuk mendesain halaman arahan dengan mempertimbangkan ukuran ini.

Ukuran Gambar Website

Ukuran Logo Website

Yang selalu diingat pelanggan tentang merek Anda adalah logonya. Jika logo Anda berbentuk persegi, kami merekomendasikan ukuran 200 x 200 piksel. Namun, jika lanskap atau potret, pastikan ukurannya minimal 75 piksel. Anda mungkin khawatir jika logo Anda terlalu kecil, pengunjung akan kesulitan melihat gambarnya.

Pastikan file gambar tidak rusak atau buram. Karena hal kecil seperti itu pun bisa meninggalkan kesan buruk bagi brand Anda. Seolah-olah merek Anda tidak profesional dan tidak dapat dipercaya. Logonya tidak boleh terlalu besar. Jika terlalu besar maka akan memakan banyak tempat.

Ukuran Slide Banner

Saat pelanggan mengunjungi situs Anda, hal pertama yang mereka lihat adalah film slide banner Anda. Ukuran slide banner yang disarankan adalah lebar 1920 piksel, berlaku untuk semua perangkat, dan tinggi 600 piksel.

Cukup letakkan slide banner dengan 3-4 slide di beranda Anda untuk menghindari pemuatan halaman yang lambat. Kebanyakan orang bahkan tidak menelusuri semua slide. Memasukkan terlalu banyak informasi ke dalam banner Anda dapat mempersulit komunikasi dengan pengunjung Anda. 

Baca Juga :   Apa itu Phising? Pengertian, Jenis, dan Tips Menghindarinya

Ukuran Product Image Website

Gambar produk adalah jantung dari situs penjualan Anda. Jika gambar yang dipasang sudah sesuai dan ukurannya sesuai dengan template, maka website Anda akan terlihat seimbang dan menarik. Untuk website toko online, gambar produk harus memiliki lebar 1000 piksel dan tidak terputus. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk memperbesar dan melihat detail produk. Misalnya saja Anda menjual pakaian dengan desain, jika gambarnya terlalu kecil, pelanggan tidak akan bisa melihat detail desain yang Anda tawarkan.

Ukuran Sampul Artikel Website

Foto sampul Anda adalah daya tarik bagi orang-orang untuk mengunjungi situs web Anda dan mengklik untuk membaca artikel Anda. Ukuran gambar ideal untuk situs web Anda minimal 760 x 760 piksel jika bentuknya persegi panjang.

Namun, ini tidak berarti membatasi gambar sampul Anda menjadi persegi. Anda juga dapat mengatur sampul secara vertikal, yaitu 1160 x 760 piksel. Anda tidak perlu khawatir mengenai ukuran thumbnail karena akan diatur secara otomatis oleh sistem.

Ukuran Favicon Website 

Namun seperti yang Anda ketahui, hampir setiap website memiliki favicon yang berbeda-beda. Gambar kecil ini membantu meningkatkan kesadaran merek dan pengenalan merek untuk produk Anda. Ukuran gambar favicon yang disarankan sangat kecil yaitu 16 x 16 piksel. 

Kami merekomendasikan penggunaan logo Anda sendiri sebagai favicon, atau sesuatu yang serupa yang berhubungan dengan logo Anda. Dengan cara ini, Anda dapat memaksimalkan kesadaran merek tanpa membingungkan pelanggan.

Pentingnya Ukuran Website Responsif

Desain Web Responsif adalah pendekatan pengembangan web yang bertujuan untuk membuat desain ramah seluler dengan membuat tata letak yang lancar dan kueri media yang fleksibel. Ini memungkinkan tata letak situs web untuk beradaptasi dengan perangkat tempat dilihatnya, apakah itu PC desktop, tablet, atau ponsel cerdas, tanpa memerlukan beberapa versi situs. Ada banyak manfaat menggunakan desain responsif. Ini termasuk:

Baca Juga :   Manfaat Website Untuk Bisnis dan Perusahaan [Lengkap!]

Peningkatan kegunaan

Antarmuka pengguna yang merespons dengan baik ukuran layar yang berbeda jauh lebih mudah digunakan daripada yang tidak. Jika situs Anda tidak menyesuaikan dengan benar, itu bisa menjadi frustasi bagi pengguna dengan layar kecil (seperti yang menggunakan ponsel).

Peningkatan visibilitas mesin pencari

Mesin pencari seperti Google mulai menyukai situs web dengan desain responsif daripada yang tidak mendukung ukuran layar yang berbeda. Sayangnya, ini berarti bahwa jika situs Anda tidak responsif, Anda mungkin kehilangan lalu lintas dari Google (dan mesin pencari lainnya).

Rekomendasi Google

Google telah merekomendasikan desain responsif sejak 2010 ketika memperkenalkan pembaruan algoritma “Mobile-Friendly” untuk menghargai situs web dengan dorongan ekstra dalam peringkat pencarian jika mereka dibangun secara responsif atau setidaknya memiliki versi seluler yang terpisah dari desktop (dan dengan demikian lebih mungkin dapat diakses oleh pencari seluler).

Perusahaan memperbarui algoritma itu tahun lalu untuk lebih menekankan pada kecepatan halaman serta keramahan seluler, tetapi masih merekomendasikan desain responsif daripada “memobilisasi” situs Anda yang ada hanya dengan mengarahkan orang dari browser desktop mereka ke aplikasi seluler ketika mereka menjelajah di ponsel cerdas atau perangkat tablet mereka.

Ukuran Layar Ideal untuk Desain Web Responsif?

Ukuran layar minimum untuk desain situs web responsif bervariasi tergantung sumbernya. Di bawah ini adalah beberapa contoh ukuran layar minimum untuk desain website responsif.

  • Kecil (kurang dari 640 piksel), Sedang (641 piksel hingga 1007 piksel), Besar (1008 piksel atau lebih.
  • Tampilan desktop: 1024 x 768 – 1920 x 1080, Layar tablet: 601 x 962 – 1280 x 800, Layar seluler: 360 x 640 – 414 x 896.
  • Ukuran area pandang minimum yang disarankan adalah 1000 piksel.
  • Untuk ponsel, lebar layar harus 100%, untuk tablet, lebar layar harus antara 8,33% dan 100%, dan untuk desktop, lebar layar harus antara 8,33% dan 100%.

Ingin Buat Website Lebih Mudah Anti Ribet?

Nah sekarang anda sudah mengetahui ukuran website yang dapat langsung anda terapkan ke dalam desain website anda. Atau jika anda ingin memiliki website tanpa ribet, anda dapat menggunakan jasa pembuatan website profesional dari Nevaweb. Konsultasikan website impianmu sekarang juga di website Nevaweb!

×