Strategi DIgital Marketing yang efektif membantu Anda mendorong pertumbuhan bisnis dengan memperluas dan memperkuat keterlibatan pelanggan Anda di arena online yang paling kompetitif. Tetapi setiap strategi memiliki kelebihan, batasan, dan ROI yang unik. Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa contoh spesifik dan menjelaskan cara membangun strategi DIgital Marketing yang komprehensif yang memberikan hasil yang terukur.
Daftar Isi
Apa itu Strategi Digital Marketing?
Strategi digital marketing adalah rencana permainan komprehensif yang menguraikan bagaimana Anda akan menjangkau audiens target Anda dan mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar. Ini berfungsi sebagai cetak biru yang memandu Anda menuju tujuan pemasaran unik organisasi Anda.
Macam-Macam Strategi Digital Marketing
Optimasi Mesin Pencari (SEO)
Search engine optimization adalah proses mengoptimalkan situs web dan konten Anda untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari dan meningkatkan jumlah lalu lintas organik ke situs Anda. Ini melibatkan berbagai taktik, seperti:
- Membuat konten berkualitas tinggi
- Mengoptimalkan konten seputar kata kunci dan kebutuhan pengguna
- Menggabungkan informasi meta
- Memastikan situs web Anda dioptimalkan untuk mesin pencari.
Pada akhirnya, SEO berusaha untuk mendatangkan pengunjung yang tepat secara organik untuk mendorong lebih banyak prospek dan penjualan.
Situs web yang dioptimalkan cepat, mudah digunakan, dan kompatibel dengan semua perangkat. Yang berarti lebih mungkin untuk mengonversi pengguna dan meninggalkan Anda dengan pelanggan setia.
Jika konten Anda berperingkat tinggi dalam hasil pencarian, Anda akan dapat membangun kesadaran merek dan kepercayaan dengan pengunjung. Mereka akan lebih cenderung membeli produk dan layanan Anda daripada jika Anda tidak memiliki kehadiran web yang baik.
Pemasaran Konten (Content Marketing)
Pemasaran konten difokuskan untuk menjawab pertanyaan orang dan benar-benar membantu mereka melalui konten daripada mengganggu mereka dengan promosi yang tidak diminta. Ini mencakup konten seperti posting blog, halaman arahan, video, podcast, infografis, laporan resmi, eBook, studi kasus, dan banyak lagi. Dalam kebanyakan kasus, pemasaran konten memiliki beberapa tujuan. Anda dapat menggunakannya untuk:
- Meningkatkan kesadaran merek
- Meningkatkan loyalitas merek
- Mendidik audiens target Anda
- Konversi dan kembangkan prospek
Pemasar yang cerdas membuat konten yang ideal untuk beberapa persona pengguna di semua tahap saluran penjualan. Misalnya, pengguna yang tidak mengetahui merek Anda dan menemukan situs web Anda melalui pencarian organik membutuhkan konten yang berbeda dari prospek yang hampir siap untuk membeli. Anda harus memahami perjalanan pembeli Anda dan menghasilkan konten unik yang memenuhi kebutuhan mereka di setiap langkah.
Pemasaran konten memberi Anda kesempatan untuk membangun hubungan dengan prospek dan pelanggan dari waktu ke waktu. Ini juga mendorong mereka menuju garis finis, sehingga lebih mungkin mereka akan memilih Anda daripada pesaing Anda ketika mereka siap untuk membeli.
Konten yang berkualitas juga akan secara signifikan meningkatkan SEO situs web Anda, sehingga Anda dapat menikmati lebih banyak lalu lintas situs web organik yang mengubah pengunjung menjadi pembeli.
Pemasaran Media Sosial (Social Media Marketing)
Pemasaran media sosial menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram untuk:
- Promosikan konten, produk, atau layanan Anda
- Bangun kesadaran dan visibilitas merek
- Dapatkan penggemar atau pengikut
- Melibatkan pelanggan saat ini dan calon pelanggan
- Arahkan lalu lintas ke situs web Anda.
Ini membutuhkan pengeluaran iklan yang berkelanjutan dan, sebagian besar waktu, halaman arahan situs web yang dirancang khusus untuk pengguna dari belanja iklan tersebut. Segera setelah pengeluaran iklan Anda berakhir, lalu lintas situs web, like, dan follower juga berakhir.
Dengan anggaran yang relatif rendah, Anda dapat menggunakan pemasaran media sosial untuk mengekspos audiens Anda ke merek Anda bahkan ketika mereka tidak memikirkannya. Namun, Anda perlu menggabungkan pengujian A/B, atau beberapa bentuk pengoptimalan lainnya, untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengeluaran iklan Anda dan mencapai tingkat konversi yang tinggi.
Pemasaran Email (Email Marketing)
Pemasaran email adalah praktik mengirim email promosi dan informasi untuk membangun hubungan dengan audiens Anda, mengubah prospek menjadi pembeli, dan mengubah pembeli satu kali menjadi penggemar setia merek Anda.
Email ini dapat membahas penawaran eksklusif, mempromosikan konten situs web, penjualan yang akan datang, atau pesan umum atas nama bisnis Anda. Email Anda harus berisi tautan ke halaman di situs web Anda. Indikator kinerja utama meliputi rasio terbuka (berapa banyak penerima yang membuka email Anda) dan rasio klik-tayang (rasio pengguna yang mengklik tautan di email dengan jumlah pengguna yang membuka email).
Iklan PPC (Paid Per Click)
Iklan bayar per klik atau PPC adalah strategi di mana Anda (pengiklan) membayar setiap kali pengguna mengklik salah satu iklan online Anda. Ini sering dilakukan melalui Google Ads, Bing Ads, atau mesin pencari lainnya, dan ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menjangkau orang-orang yang mencari istilah yang terkait dengan bisnis Anda.
Namun, biaya dapat berkisar dari yang relatif murah, hingga jutaan per bulan, tergantung pada ukuran dan ruang lingkup kampanye Anda. Dan, ketika kampanye dihentikan, lalu lintas yang dihasilkan oleh kampanye tersebut juga dihentikan. Saat pengguna mengklik iklan bayar per klik, mereka diarahkan ke halaman landing khusus yang mendorong mereka untuk mengambil tindakan tertentu:
- Melakukan pembelian
- Lengkapi formulir
- Download laporan, atau yang serupa.
Jika Anda menerapkan kampanye PPC, tujuan utama Anda kemungkinan besar adalah meningkatkan penjualan atau prospek. engan platform PPC seperti Google Ads, Anda akan dapat melacak berapa banyak orang yang melihat iklan Anda serta berapa banyak klik dan berapa persentase dari mereka yang berkonversi. Anda akan langsung mengetahui kinerja kampanye Anda.
Account Based Marketing (ABM)
Account-based marketing (ABM) adalah salah satu strategi DIgital Marketing terbaik untuk menjangkau perusahaan yang Anda tahu cocok untuk bisnis Anda. Strategi business-to-business (B2B) ini melibatkan promosi bisnis Anda ke akun bernilai tinggi untuk menjadikannya klien.
ABM tidak mengambil pendekatan umum untuk pemasaran. Sebagai gantinya, ini membuat pesan yang dipersonalisasi untuk akun target. Anda menggunakan apa yang Anda ketahui tentang pelanggan Anda dan menyesuaikan kampanye Anda untuk memenuhi kebutuhan khusus mereka.
Dengan ABM, tim penjualan dan pemasaran bekerja sama untuk mengidentifikasi akun utama dan merancang kampanye yang dipersonalisasi untuk mereka. ABM mendorong kerja tim karena tim fokus pada pemindahan akun melalui saluran penjualan.
Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet?
DIgital Marketing adalah salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan baru dan mencapai tujuan bisnis Anda. Plus, ia menawarkan berbagai strategi, mulai dari pemasaran konten, email hingga sosial, untuk mencapai tujuan unik Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, pendapatan, kesadaran, atau loyalitas, DIgital Marketing adalah cara yang tepat.
Terlepas dari itu, Jika anda ingin memiliki website toko online tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!