branding

Apa Itu Branding? Berikut Tujuan, Manfaat, dan Jenis Branding

Berlawanan dengan kepercayaan umum, perusahaan tidak menjual produk. Mereka menjual pengalaman, perasaan, dan ideologi. Bisnis dengan merek luar biasa seperti Coca-Cola tahu persis pengalaman apa yang mereka ingin pelanggan dapatkan ketika mereka melakukan (atau mempertimbangkan) pembelian.

Mampu mengendalikan pengalaman pembelian pada tingkat ini adalah kekuatan branding di tempat kerja. 

Pengertian Apa itu Branding?

Branding adalah proses menciptakan identitas merek suatu perusahaan. Proses ini juga menyampaikan materi yang mendukung merek, seperti logo, tagline, desain visual, atau nada suara.

Singkatnya, branding adalah proses meneliti, mengembangkan, dan menerapkan ciri khas atau serangkaian fitur pada organisasi Anda sehingga konsumen dapat mulai mengasosiasikan merek Anda dengan produk atau layanan Anda.

Pencitraan merek ada dalam keterangan media sosial, palet warna papan reklame, dan bahan yang digunakan merek untuk kemasannya. Perusahaan yang menciptakan merek yang kuat tahu bahwa identitas merek mereka harus hidup di mana-mana. Mereka tahu bahwa nama mereka jauh melampaui label dan dapat menarik konsumen untuk memilih produk mereka dari berbagai pilihan.

Misalnya, merek Coca-Cola memiliki salah satu logo yang paling dikenal di seluruh dunia. Tulisan klasik berwarna merah putih, karya seni yang hidup, dan font yang khas telah menarik perhatian pembeli selama lebih dari satu abad .

Setelah teruji oleh waktu, merek Coca-Cola merupakan bukti kekuatan merek yang konsisten dan sukses sehingga disukai konsumen.

Baca Juga :   Peran Google Ads untuk Meningkatkan Penjualan Online

Meskipun demikian, branding adalah proses berulang dan memerlukan hubungan dengan hati pelanggan dan bisnis Anda. Namun, hal ini tidak persis sama dengan pemasaran. 

Manfaat Branding

Mempengaruhi keputusan pembelian.

Branding dapat menjadi faktor penentu konsumen ketika mengambil keputusan pembelian. Faktanya, studi Razorfish pada tahun 2021 menemukan bahwa 82% konsumen yang disurvei membeli dari merek yang memiliki misi atau tujuan yang lebih besar. Sekitar 67% mengatakan merek tempat mereka membeli membuat mereka menjadi orang yang lebih baik.

Menciptakan identitas untuk bisnis Anda.

Sebuah merek melampaui produk atau layanan perusahaan. Branding memberikan identitas pada bisnis Anda. Hal ini memberi konsumen sesuatu untuk dihubungkan dan dihubungkan dengan produk atau layanan yang sebenarnya mereka beli

Membantu pelanggan mengingat bisnis Anda.

Branding membuat bisnis Anda berkesan. Ini adalah wajah perusahaan Anda dan membantu konsumen membedakan bisnis Anda di setiap media.

Meningkatkan periklanan dan pemasaran.

Pencitraan merek mendukung upaya pemasaran dan periklanan Anda. Ini membantu promosi Anda memberikan pukulan ekstra dengan pengakuan dan dampak tambahan.

Membangun Dukungan Karyawan

Branding membawa kebanggaan bagi karyawan Anda. Saat Anda memberi merek pada perusahaan Anda, Anda tidak hanya memberikan identitas bisnis Anda, Anda juga menciptakan tempat kerja yang memiliki reputasi baik dan sangat dihormati. Branding yang kuat akan menghasilkan karyawan yang kuat.

Jenis-Jenis Branding

Corporate branding 

Corporate branding mencakup setiap aspek bisnis, termasuk produk, layanan, karyawan, dan banyak lagi. Akibatnya, branding perusahaan Anda memainkan peran besar dalam reputasi bisnis Anda. Alih-alih berfokus pada satu aspek, seperti produk Anda, ini berfokus pada bisnis secara keseluruhan. Branding perusahaan yang baik berfokus pada unique selling point (USP) dan proposisi nilai bisnis secara keseluruhan dan mencakup pembuatan pedoman merek untuk mencakup cara Anda akan mengkomunikasikan nilai jual tersebut dengan pelanggan dan publik.

Baca Juga :   11+ Aplikasi Untuk Membuat Website Terbaik

Personal branding

Personal branding adalah bagaimana satu orang merek sendiri. Personal branding paling cocok untuk individu wiraswasta seperti freelancer, pemasar afiliasi, atau influencer yang harus mengembangkan identitas merek pribadi agar menonjol dari yang lain. Personal branding dapat berbeda dari citra pribadi Anda. Siapa Anda melalui bisnis Anda tidak harus menjadi orang yang sama seperti Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Product branding

Product branding adalah salah satu bentuk branding yang paling terkenal karena dilakukan untuk lini produk tunggal daripada keseluruhan bisnis. Setiap kali sebuah bisnis mengeluarkan lini produk baru, mereka melakukan branding hanya untuk produk-produk itu karena mereka mungkin memiliki berbagai produk dengan mempertimbangkan titik harga, manfaat, dan pengguna akhir yang berbeda.

Ritel branding

Branding ritel adalah branding yang dirancang hanya untuk bisnis ritel. Jenis branding ini mengambil semua produk yang berbeda di bawah satu atap dan menemukan cara untuk memasarkan penjual daripada setiap produk individual, yang mungkin berasal dari beberapa bisnis dan produsen lain.

Geographic branding

Geographic branding berfokus pada pelanggan di daerah Anda dan ciri-ciri wilayah tertentu sebagai titik penjualan. Jenis branding ini paling baik untuk industri pariwisata karena dapat menarik orang ke kota, kota, atau negara bagian. Tapi, tentu saja, bisnis bisa mendapatkan keuntungan dari branding geografis juga, terutama jika pelanggan utama Anda berada di wilayah yang sama dengan bisnis Anda.

Service branding

Service branding sangat mirip dengan branding produk karena Anda berfokus pada satu aspek bisnis daripada bisnis secara keseluruhan. Sayangnya, branding layanan jauh lebih sulit daripada branding produk karena Anda tidak memiliki barang fisik seperti kemasan atau produk itu sendiri. Sebaliknya, Anda harus memberi merek sesuatu yang tidak dapat dilihat konsumen untuk menghasilkan kepercayaan. Branding layanan Anda mengharuskan Anda untuk memahami titik-titik rasa sakit pelanggan potensial dan dapat memberi mereka layanan yang dapat memecahkan masalah mereka.

Baca Juga :   SEO: Pengertian, On-Page, Off-Page & Tips Memilih Keyword

Branding Adalah Identitas Bisnis Anda!

Setiap bisnis perlu menonjol dan membedakan dirinya dari pesaing. Sayangnya, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Meskipun penawaran produk atau layanan Anda mungkin serupa dengan perusahaan lain, masih ada banyak cara Anda dapat menonjol dan mendapatkan pelanggan. Strategi branding membantu Anda mengembangkan hubungan dengan pelanggan untuk membantu mereka mengingat siapa Anda dan apa yang Anda lakukan.

Branding lebih dari sekadar membuat logo yang indah; Ini menggabungkan pesan dan desain untuk menciptakan identitas merek dan nilai-nilai merek yang membantu orang memahami bisnis Anda dan membuat kesan yang baik. Selain itu, branding Anda harus membangkitkan emosi pada pelanggan potensial yang membantu mereka membentuk hubungan yang bermakna dan tahan lama dengan bisnis Anda.

Bagaimana pelanggan dan calon pelanggan Anda memandang merek Anda bukanlah sesuatu di luar kendali Anda. Namun, upaya branding Anda dapat secara langsung memengaruhi perasaan pelanggan tentang Anda dan mulai membangun kepercayaan dengan mereka bahkan sebelum mereka melakukan pembelian pertama. Dengan mempertimbangkan branding Anda, Anda dapat meningkatkan reputasi Anda dan mendapatkan lebih banyak eksposur, meningkatkan pendapatan Anda.

Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet? 

Terlepas dari itu,  Jika anda ingin memiliki website toko online tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!

×