Influencer Marketing

Peran Influencer Marketing di Media Sosial untuk Meningkatkan Brand Awareness

Jika Anda mencari cara untuk memasarkan di media sosial, influencer marketing mungkin merupakan strategi yang layak untuk dilihat. Apa itu influencer marketing? Frasa ini mengacu pada bisnis yang bermitra dengan individu dengan kehadiran media sosial yang signifikan untuk memasarkan produk dan layanan mereka.

Pengertian dan Pentingnya Influencer Marketing

Influencer marketing  adalah pendekatan pemasaran media sosial yang menggunakan dukungan dan penyebutan produk dari influencer. Orang-orang ini memiliki pengikut sosial yang berdedikasi dan dipandang sebagai ahli dalam niche mereka.

Influencer marketing bekerja karena kepercayaan tinggi yang dibangun influencer sosial dengan pengikut mereka dari waktu ke waktu. Rekomendasi dari influencer ini berfungsi sebagai bentuk bukti sosial kepada calon pelanggan merek Anda.

influencer marketing dapat menjadi alat pemasaran yang sangat kuat untuk Anda, dan merek sudah menggunakannya untuk keuntungan mereka. Berkolaborasi dengan influencer menarik khalayak yang lebih luas ke merek Anda. Dengan menampilkan merek Anda dalam konten mereka, influencer memperkenalkannya kepada audiens baru yang mungkin belum mengenalnya. Selain itu, kepercayaan yang dimiliki influencer dengan pengikut mereka meningkatkan reputasi dan kredibilitas merek Anda dan meningkatkan kesadaran pasar.

influencer marketing membantu merek dengan penargetan audiens yang tepat dengan menghubungkan merek dengan influencer yang pengikutnya selaras dengan target demografis merek. Ini memastikan pesan mereka menjangkau audiens yang tepat dan disampaikan dari perspektif yang beresonansi dengan audiens, membuat kampanye lebih efektif.

Baca Juga :   Staging: Arti, Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya

Bukti sosial adalah faktor kuat dalam kemungkinan melakukan pembelian setelah melihat kampanye influencer, karena membantu mempengaruhi konsumen yang ragu-ragu yang menguntungkan Anda. Demikian pula, influencer sering berbagi konten interaktif seperti hadiah, tantangan, dan sesi langsung yang mendorong keterlibatan dan tindakan cepat seperti melakukan pembelian atau mendaftar untuk penawaran. Mereka juga membagikan kode diskon eksklusif atau penawaran khusus sehingga memudahkan untuk melacak konversi yang terkait langsung dengan promosi mereka.

Influencer Marketing
Sumber: Envato

Peran media sosial dalam Strategi Pemasaran Modern

Media sosial memainkan peran yang sangat penting dalam strategi pemasaran modern. Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa media sosial menjadi komponen vital dalam pemasaran saat ini. Media sosial memungkinkan bisnis untuk menjangkau audiens yang sangat luas, baik secara lokal maupun global. Dengan miliaran pengguna aktif di berbagai platform, potensi untuk mencapai pelanggan baru sangat besar.

Berbeda dengan media tradisional, media sosial memungkinkan interaksi dua arah antara bisnis dan pelanggan. Ini memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan, menjawab pertanyaan, dan membangun hubungan yang lebih kuat. 

Cara Mengidentifikasi Influencer yang Tepat

Jika Anda ingin bermitra dengan influencer media sosial untuk menumbuhkan audiens Anda, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti. Mereka termasuk:

  • Bermitra dengan influencer yang selaras dengan pesan merek Anda. Anda tidak ingin bekerja dengan seseorang yang dapat mencerminkan bisnis Anda dengan buruk.
  • Jangan fokus pada jumlah pengikut yang mereka miliki. Anda tidak perlu fokus pada jumlah pengikut yang dimiliki influencer. Sebaliknya, ada baiknya Anda memperhatikan hubungan yang mereka miliki dengan pengikut mereka. Ini karena kampanye mungkin tidak berjalan dengan baik jika influencer memiliki satu juta pengikut tetapi tingkat keterlibatan yang rendah.
  • Teliti influencer sebelum melakukan kontak. Mencari influencer yang tepat hampir seperti mencari karyawan yang tepat untuk bisnis Anda. Luangkan waktu untuk meninjau apa yang mereka posting dan menilai kemitraan yang mereka miliki di masa lalu untuk memastikan mereka cocok.
Baca Juga :   Customer Journey: Pengertian, Tahapan & Cara Menganalisisnya

Strategi Kampanye Influencer Marketing

Menentukan tujuan kampanye

Untuk memastikan strategi influencer Anda berhasil, fokuslah pada sasaran dan kebutuhan kampanye Anda. Tentukan apakah Anda ingin menjangkau demografi baru, memperkenalkan produk baru, atau menyoroti nilai merek Anda melalui influencer. Juga, jelajahi tren influencer untuk melihat apa yang beresonansi di industri Anda.

Membuat konten yang menarik dan autentik

Pesan Anda sama pentingnya dengan tujuan Anda. Dan karena influencer menargetkan audiens tertentu, menyempurnakan pesan kampanye Anda penting untuk konten yang efektif. Konten influencer biasanya lebih bersifat percakapan dan pribadi, yang membantu membedakannya dari posting yang digerakkan oleh merek atau berorientasi penjualan. Tetapi meskipun penting untuk menjaga kreativitas dan keunikan influencer, pastikan konten mereka selaras dengan nilai-nilai merek Anda.

Kolaborasi dengan influencer untuk konten bersponsor

Menemukan influencer yang tepat untuk merek Anda adalah langkah pertama untuk membangun strategi influencer marketing yang sukses. Anda harus menginvestasikan waktu dalam riset pasar untuk memahami preferensi audiens Anda dan memilih platform yang tepat untuk melibatkan mereka dengan kolaborasi influencer.

Ini sangat penting karena setiap jaringan melayani audiens tertentu. Misalnya, merek kecantikan dan fashion bersinar di Instagram dan YouTube, sementara industri video game mendominasi Twitch. 

Influencer Marketing
Sumber: Envato

Mengukur Efektivitas kinerja Influencer Marketing

Metode untuk mengukur ROI dari kampanye influencer

Mengukur ROI (Return on Investment) dari kampanye influencer marketing sangat penting untuk memahami efektivitas dan nilai dari investasi yang telah dilakukan. Berikut adalah beberapa metode yang dapat digunakan:

  1. Gunakan kode promo dan link afiliasi. Menggunakan kode promo dan link afiliasi adalah cara yang efektif untuk melacak penjualan yang dihasilkan dari kampanye influencer. Setiap kali kode promo digunakan atau link afiliasi diklik, Anda dapat melacak konversi yang terjadi.
  2. Analisis enggangement rate. Mengukur tingkat keterlibatan (engagement rate) dari konten yang diposting oleh influencer dapat memberikan gambaran tentang seberapa efektif kampanye tersebut. Engagement rate mencakup likes, komentar, dan shares.
  3. Gunakan UTM Parameters. UTM parameters adalah kode yang ditambahkan ke URL untuk melacak sumber lalu lintas. Dengan menggunakan UTM parameters, Anda dapat melihat dari mana lalu lintas berasal dan bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs Anda setelah mengklik link dari influencer.
Baca Juga :   Apa itu Lead Generation? Definisi, Manfaat, Tools, & Strateginya

Contoh metrik penting dalam influencer marketing

  1. Engagement Rate. Engagement rate mengukur seberapa banyak audiens berinteraksi dengan konten Anda. Ini mencakup likes, komentar, shares, dan klik. Engagement rate dihitung dengan membagi total interaksi dengan total jangkauan atau pengikut, kemudian dikalikan 100 untuk mendapatkan persentase.
  2. Reach. Reach mengukur jumlah unik pengguna yang melihat konten Anda. Ini berbeda dengan impressions, yang menghitung total tampilan konten, termasuk tampilan berulang oleh pengguna yang sama. Reach membantu Anda memahami seberapa luas konten Anda tersebar.
  3. Click-Through Rate (CTR). CTR mengukur persentase orang yang mengklik link atau iklan Anda setelah melihatnya. Ini adalah indikator penting untuk menilai efektivitas iklan atau konten yang mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.

Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet? 

influencer marketing adalah taktik populer karena beberapa alasan. Tidak hanya dapat meningkatkan eksposur merek dengan cepat, tetapi juga cara yang hemat biaya untuk mendapatkan bisnis Anda di depan konsumen yang mungkin tertarik dengan produk Anda. Namun, Anda harus mengidentifikasi influencer yang cocok agar kampanye berhasil. Jika tidak, Anda dapat merusak reputasi perusahaan Anda.

Terlepas dari itu,  Jika anda ingin memiliki website toko online tetapi tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Nevaweb datang sebagai solusi. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website profesional dari Nevaweb. Yuk langsung kunjungi Nevaweb dan miliki website bisnismu segera!